Finance

Ketika Hobi Menghasilkan Uang

By  | 


Hampir setiap orang bisa dibilang punya hobi. Bagaimana dengan Anda Mamas, apa hobi Anda? Hobi dilakukan oleh setiap orang agar kehidupannya lebih menyenangkan. Seperti jenuh dengan suasana kantor, atau saat suasana hati sedang tidak baik.

Beberapa hobi ini bisa menghasilkan uang lho, Mamas. Misalnya, bagi Anda yang hobi membuat aneka kue. Saat mendekati hari raya seperti Idul Fitri ataupun Natal, Anda bisa menerima pesanan kue-kue lezat buatan Anda. Begitu pula bagi Anda yang gemar mendekor berbagai pernak-pernik interior, Anda bisa memanfaatkan hobi ini untuk menjadi party planner. Jadi, hobi Anda yang mendatangkan uang ini, selain jadi momen ‘me time’, sekaligus bisa juga jadi salah satu sumber penghasilan Anda.

Going through the household finances

Namun bila memang Anda berniat menjadikan hobi sebagai salah satu sumber penghasilan Anda, atau bahkan kemudian berniat menjadikannya sebagai sumber penghasilan Anda setiap bulannya, maka pastikan agar Anda tak merugi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Buatlah sesuatu yang unik. Bila Anda gemar membuat kue, maka bila Anda ingin tampil beda, buatlah sesuatu yang unik dari kue buatan Anda. Produk yang unik akan lebih mudah dikenal di pasaran.
  2. Promosi. Perkenalkan produk dimulai dari lingkungan terdekat seperti teman, tetangga, atau saudara.
  3. Buat pembukuan yang jelas, jangan sampai alur kas masuk dan keluar tak jelas.
  4. Modal dan keuntungan. Hitung dengan cermat berapa besar modal yang dikeluarkan, sehingga Anda bisa menentukan harga jual yang pantas namun tetap menguntungkan.
  5. Tentukan harga. Jangan pasang harga terlalu tinggi walaupun Anda yakin produk atau jasa Anda pantas bersaing dengan brand lain. Karena Anda masih pendatang baru, sebaiknya tentukan harga yang lebih ‘miring’. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares