Health

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Si Kecil

By  | 
Mams, bagaimana perkembangan pertumbuhan gigi Si Kecil saat ini? Gigi susu yang mulai tumbuh di rentang usia 6 bulan – 3 tahun memang sudah harus mendapatkan perawatan ekstra, terutama jika Si Kecil sering mengonsumsi makanan manis, berlemak, hingga susu. Lalu, adakah cara yang fun untuk mengajak serta mereka ikut peduli dengan kesehatan giginya, terutama aktivitas menyikat gigi? Baru – baru ini, Drg. Tara Prathita, mama dari Sachi (3 th) & Drg. Stella Lesmana meluncurkan sebuah seri buku kesehatan gigi anak, “Gigiku Sehat dan Kuat” serta “Berani ke Dokter Gigi”. Buku ceritanya menarik sekali!

seri gigi

“Terinspirasi dari pengalaman membesarkan Sachi, melihat banyak anak malas sikat gigi dan takut mengunjungi dokter gigi, kami sengaja mengangkat 2 tokoh anak yaitu Noura dan Juno dalam sebuah cerita mereka saat dibersihkan giginya oleh dokter, cerita Noura yang bertemu dengan peri gigi, dan melihat sendiri kondisi gigi yang rusak akibat malas sikat gigi”, ujar Tara dan Sthella. Melibatkan psikolog anak & keluarga Saskhya Aulia Prima, M. Psi sebagai konsultan, buku ini akan memberikan tip bagi orangtua mengenai cara yang fun untuk membiasakan anak menyikat giginya.

buku gigi 1

Dalam bentuk Lift the -Flap book, seri buku gigi ini menarik untuk dibaca bersama Si Kecil, Mams. Menceritakan kisah Noura yang pada suatu malam bertemu dengan peri gigi dan melihat sendiri betapa kotor gigi kakaknya, Juno, jika ia tidak menyikat gigi. Lalu pada seri kedua “Berani ke Dokter Gigi”, Juno menceritakan pengalamannnya yang (ternyata) menyenangkan saat mengunjungi dokter gigi. Semua itu digambarkan dalam ilustrasi yang menarik, lengkap dengan nasihat ringan yang mudah dicerna oleh anak – anak.

buku gigi
Berikut tip merawat gigi bayi sesuai anjuran Drg. Tara & Sthella yang bisa Anda coba di rumah, Mams:

1. Usia Bayi
Bersihkan gusi dari sisa susu yang ada. Caranya adalah dengan diusap menggunakan kassa dan air matang hangat.

2. Sejak Tumbuh Gigi
Gunakan sikat jari/sikat gigi berukuran kecil, dan pasta gigi untuk anak – anak (Anak di bawah usia 3 tahun cukup selapis tipis odol, untuk anak usia 3-6 tahun seukuran bulir jagung).

Yang terpenting, ajarkan Si Kecil untuk sikat gigi sendiri sejak ia dapat menggenggam sikat gigi, awasi aktivitasnya, lalu sikat ulang giginya setelah ia selesai melakukannya. Selain itu, bantu mereka untuk dapat mengurangi konsumsi makanan manis dan perbanyak makan buah juga konsumsi air putih.

Nah, kali ini bersama dengan Penerbit Buku Gramedia, kami akan membagikan 5 buku seri gigi ini kepada Anda! Sharing pengalaman Anda membersihkan gigi anak & sertakan usia mereka, ya. Pemenang akan diumumkan melalui akun sosial media kami @thesmartmamas pada hari Minggu, 28 Agustus 2016 mendatang. Good luck, Mamas! (Nathalie Indry /KR /Photo: Dok. Gramedia) 

Shares