Career

Hindari Membuka Email di Luar Jam Kerja

By  | 

Lazimnya, jam kerja adalah jam 09:00 – 18:00, dari hari senin – jum’at (beberapa perusahaan hingga sabtu). Namun, pekerjaan yang menumpuk dan deadline yang tak bisa ‘dinego’ lagi, membuat kita seringkali tetap ‘bekerja’ di luar jam kerja tadi. Walau hanya mengecek email sekalipun, tetap saja hitungannya Anda bekerja lho, Mamas.

Di Indonesia ataupun negara lainnya, hal seperti ini dianggap sudah biasa. Namun berbeda dengan di Prancis, sejak Mei lalu hal seperti ini dilarang. Yang berarti, para warga Perancis yang bekerja diperbolehkan mematikan ponsel dan tidak mengecek email di luar jam kantor. Lalu apa alasannya?

Disebutkan dalam peraturan tersebut, kalau “Perkembangan informasi dan teknologi, bila tidak diatur atau diregulasi dengan benar, akan memberikan efek buruk pada kesehatan pekerja. Di antaranya, beban pekerjaan dan beban informasi yang berlebih, kaburnya batas antara kehidupan personal dan profesional, adalah risiko dari penyalahgunaan teknologi digital.”

Bahkan Prancis juga menyarankan perusahaan untuk mematikan server di luar jam kerja, mengikuti Volkswagen yang telah mengeluarkan peraturan ini sebelumnya. Bahkan Volkswagen juga memperbolehkan pekerja untuk menghapus email yang diterima di luar jam kantor. Walau peraturan yang dikeluarkan oleh Prancis ini awalnya dianggap berlebihan, namun ternyata sebuah studi yang baru dilakukan di Lehigh University menemukan bukti yang mendukung larangan ini.

Business woman checking email on smartphone

Penelitian yang melibatkan 365 orang dari beberapa industri ini, mengukur ekspektasi perusahaan, waktu yang dihabiskan untuk e-mail yang berhubungan dengan pekerjaan di luar kantor, keterikatan psikologi dengan pekerjaan di luar jam kerja, tingkat kelelahan emosi, dan persepsi mengenai keseimbangan waktu pribadi dan waktu bekerja.

Dan ternyata, menjawab email yang berhubungan dengan pekerjaan di luar jam kerja dapat berakibat buruk terhadap kesehatan, sama halnya dengan beban kerja yang terlalu berat dan konflik interpersonal di kantor. Begitu pula dengan ekspektasi untuk selalu mengecek email, ini juga menyebabkan kelelahan emosi yang menyebabkan berbagai masalah dalam keseimbangan waktu pribadi dan waktu bekerja.

Mamas, pekerjaan merupakan sebuah siklus yang dilakukan berulang setiap hari. Karena itu, para peneliti menyarankan agar para pekerja dapat beristirahat secara fisik dan mental setelah usai jam kantor, agar kembali siap bekerja di keesokan harinya.

Kendati begitu, masih banyak orang yang kesulitan untuk ‘memutuskan’ diri dari pekerjaannya walaupun sedang berada di rumah. Bahkan mungkin juga salah satunya adalah Anda, Mams. Bila Anda termasuk dalam kategori ini, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk berpikir bagaimana sebaiknya menghindari kondisi ini, demi kesehatan Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo:Istockphoto.com)

Shares