Parenting

Yang Diingat Si Kecil dari Hari Kemerdekaan

By  | 
Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!
Hi Mams, pernahkah Anda bertanya kepada Si Kecil, “Apa arti kemerdekaan baginya?”
Bertempat di Rumah Kerinci, Jakarta Selatan, Tim Smart Mama sengaja bertanya kepada Kai, Shera, Anela, Omar, Siera dan Maliki, anak – anak yang sedang berkunjung mengenai arti dan berbagai perlombaan yang sering mereka ikuti selama momen tujuh belas agustus tiba. Simak deh, jawaban spontan mereka yang super lucu berikut ini.

Nah, seperti yang Anda saksikan ya, Mams. Anak – anak dapat mengingat momen tertentu seperti kemeriahan hari kemerdekaan melalui berbagai hal, salah satunya adalah perlombaan seru yang pernah mereka ikuti.
Lalu, bagaimana dengan pemahaman makna kemerdekaan itu sendiri? 
 Well, secara usia, anak – anak mulai bisa diperkenalkan dengan arti harfiah dan nilai – nilai sederhana tentang kemerdekaan sejak 4 tahun, lho. Psikolog anak dan keluarga Fathya Artha Utami, M.Psi. menjelaskan bahwa kita, orangtua sudah dapat mengenalkan konsep keberanian, membantu orang lain, hingga konsep kejujuran yang kesemuanya berhubungan dengan makna kemerdekaan di rentang usia ini. Tetapi tentu saja, cara pengajarannya harus sangat konkret dan jelas ya, Mams. Berikan mereka contoh nyata untuk berbuat kebaikan. Misalnya berani mengungkapkan pendapat, memberikan sedekah kepada pihak yang kurang beruntung, atau mengakui kesalahan kepada orang lain. Kemeriahan dan momen spesial seperti hari ini tentu akan membekas dalam ingatan Si Kecil, jadi pastikan Anda mulai memperkenalkan makna positif kemerdekaan dengan cara yang menyenangkan ya, Mams. Teach them about the flag by printing coloring pages, and of course, bravery!  (Nathalie Indry/KR/Photo: dok.Smartmama)

 

Shares