Relationship

Jika Pasangan Terkena Penyakit Serius

By  | 

Mamas, perjalanan hidup memang tidak pernah terduga. Begitupun dengan kehidupan pernikahan, di tengah keharmonisan rumah tangga terkadang cobaan akan datang. Dan salah satu cobaan yang cukup berat jika pasangan didiagnosa mengidap penyakit yang cukup serius. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, lakukan hal berikut.

  • Usahakan untuk tenang. Cara terbaik saat mendengar kabar buruk tersebut adalah berusaha untuk tetap tenang. Jangan panik, ada baiknya Anda renungkan dulu baik-baik kabar yang disampaikan oleh dokter dan mencari solusi bersama. Memang sulit ya, Mams, namun kepanikan tidak akan membantu menyelesaikan masalah.
  • Gali info. Menggali info mengenai penyakit yang diderita pasangan melalui dokter saja tidak cukup. Anda juga harus aktif mencari tahu dan mendengar pengalaman dari orang-orang yang pernah mengalami penyakit tersebut.

couple holding hands outdoors

  • Selalu menemani saat kunjungan ke dokter. Support terbesar sebagai seorang istri dari penderita sebuah penyakit yang serius adalah selalu terlibat dalam hal pengobatan. Mulai dari kunjungan ke dokter, melakukan serangkaian tes hingga membuat menu makanan untuk dikonsumsi pasangan.
  • Merawat diri sendiri. Tak dapat dimungkiri, memiliki suami yang sedang menderita penyakit serius akan membuat energi Anda terkuras. Belum lagi sudah pasti Anda stres dengan penyakit yang dideritanya. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan diri sendiri. Atur pola makan, olahraga teratur, dan minta bantuan orang lain untuk merawat suami secara bergantian.
  • Tetap optimis. Jika Anda tetap optimis maka pasangan akan merasa lebih bersemangat menjalani berbagai pengobatan yang tentunya berat. Isi jiwa Anda dengan energi positif, banyak berdoa dan berdiskusi dengan orang-orang senasib.
  • Perbanyak quality time dengan pasangan. Tentu saja Anda berharap suami akan sembuh seperti sedia kala. Namun Anda juga harus realistis apabila penyakit yang dideritanya sudah sangat serius. Yang harus Anda lakukan adalah menghabiskan banyak waktu romantis bersamanya semaksimal mungkin. Lakukan hal-hal yang dulu kerap Anda lakukan di masa pacaran. Hal ini bisa menjadi obat mujarab lho untuk pasangan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares