Finance

Yang Perlu Anda Tahu dari Utang Produktif dan Utang Konsumtif

By  | 

Mamas, setiap Anda membeli sesuatu secara kredit, maka bisa dikatakan bahwa Anda berutang kepada suatu lembaga keuangan. Utang sendiri terbagi dalam dua macam Mams, yaitu utang produktif dan utang konsumtif.

Lalu apa bedanya? Yang dimaksud dengan utang produktif adalah, Anda menggunakan uang dari suatu lembaga keuangan untuk membeli sesuatu yang bisa bertambah nilainya. Misalnya, Anda memutuskan membeli rumah atau tanah secara kredit. Di sini, harga rumah ataupun tanah semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga, utang Anda ini termasuk dalam hutang produktif.

Sedangkan pengertian utang konsumtif adalah menggunakan uang yang dari suatu lembaga keuangan untuk membeli barang yang nilainya cenderung turun seiring waktu. Seperti pembelanjaan barang dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, ataupun pembelian mobil.

Berdasarkan pengertian tadi, tentunya Anda sudah memahami ya, Mamas, yang mana saja yang merupakan utang produktif Anda, dan yang mana yang merupakan hutang konsumtif. Pastikan utang konsumtif Anda tak bertambah untuk manajemen keuangan keluarga yang lebih baik. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares