Beauty & Style

4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Perawatan Tubuh Saat Hamil

By  | 

 

Seperti Anda ketahui, Mams, minyak zaitun dianggap salah satu minyak yang sehat karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang  cukup tinggi terutama asam lemak oleik dan polifenol. Berikut, berbagai manfaat yang bisa Anda dapati dari minyak zaitun untuk perawatan tubuh selama kehamilan.
1. Sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Tahukah Mams, minyak zaitun mengandung protein, lemak, kalori, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, B2, B3, C, vitamin E, serta berbagai asam lemak tak jenuh asam oleik, asam linoleik, dan asam linolenik. Untuk sangat dianjurkan pada ibu hamil duntuk mengkonsumsi minyak ini secara rutin sebagai pengganti minyak sayur. Ibu hamil yang sedang menjalani diet kehamilan juga disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun karena  dapat mengoptimalkan penyerapan vitamin, mineral, dan nutrien yang penting untuk pertumbuhan janin.

2. Mengobati Sembelit pada Ibu Hamil 
Sembelit atau susah buang air besar merupakan keluhan yang paling sering diderita seorang wanita selama kehamilannya. Penanganan sembelit yang tidak dilakukan dengan baik bisa saja menyebabkan timbulnya risiko bayi cacat. Selain mengkonsumsi cukup serat dari buah dan sayur, ibu hamil  juga disarankan untuk mengkonsumsi satu sampai dua sendok minyak zaitun di pagi dan sore hari.
3. Mengatasi Stretchmark
Untuk mencegah timbulnya stretch mark pasca kehamilan, oleskan minyak zaitun secara rutin selama trimester 2 dan 3. Pembaluran juga dapat terus dilanjutkan hingga setelah melahirkan untuk memudarkan stretch mark yang masih tertinggal. Mengolesi minyak zaitun selain dapat mencegah stretch mark juga dapat mengobati gatal di perut selama kehamilan, Mams.
4. Mengatasi Kram Kaki pada Ibu Hamil
Saat hamil, ada kalanya ibu hamil mengalami kram kaki dengan intensitas sering. Meski tergolong normal dan tidak membahayakan janin, kram kaki ini tentu akan terasa sakit dan menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk mengobatinya, Anda dapat melakukan pijat dan  urut pada bagian kaki yang kram menggunakan minyak zaitun. (Yosi Avianti/photo : Istockphoto.com)

Shares