Education

Smart Mama Story: Pengalaman Hari Pertama Sekolah

By  | 

Hi Mams, bagaimana pengalaman Anda mendampingi Si Kecil selama pergi ke sekolah satu minggu belakangan ini? Anjuran Kementerian Pendidikan & Kebudayaan tentang pentingnya dampingan orangtua pada #HariPertamaSekolah anak memang memunculkan banyak tanggapan positif, ya. Seperti yang dirasakan oleh Nike Prima, co founder @livinglovingnet –  a modern creative living blog & mama dari Kira (4 th) yang baru saja memasuki jenjang pendidikan TK A. Ternyata mengenalkan Si Kecil dengan lingkungan (sekolah) baru tidak semudah yang kita bayangkan ya,  Mams. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Screenshot_2016-07-29-14-43-33_com.instagram.android_1469778238383

Jadi, bagaimana reaksi Kira di hari pertama sekolahnya?

Awalnya Kira sempat enggan masuk sekolah, bahkan sejak 1-2 bulan sebelumnya ketika dia tahu kalau ia akan bersekolah di tempat yang baru, bukan taman bermainnya terdahulu.

Wah, lalu bagaimana menghadapinya?

Kami tetap mendengarkan isi hatinya; mengatakan bahwa kami mengerti kesedihannya karena tidak satu sekolah lagi dengan teman-temannya, tapi pelan-pelan kami jelaskan juga kalau di sekolah yang baru akan ada teman-teman baru yang jauh lebih banyak. Sejak itu kami lihat pelan-pelan ia mulai yakin dengan lingkungan barunya. Saat hari pertama masuk TK ini ia juga belum terlihat semangat sekali seperti Kira biasanya, tapi juga tidak rewel atau menangis. Ternyata hari-hari berikutnya tampaknya Kira semakin mengenal dan nyaman dengan sekolahnya, dan sudah bisa dengan bangga menyebutkan nama sekolahnya yang baru.

nike 3

Aktivitas Kira di hari pertama sekolah?

Orientasi sekolah. Kira dan murid-murid lain dikenalkan dengan lingkungan sekitar sekolah, pengajar serta kegiatannya.

Apa saja yang boleh dilakukan orangtua  saat menemani anak – anaknya di hari pertama itu? 

Kami diperbolehkan mengawasi dan menemani anak sepanjang kegiatan sekolah selama seminggu pertama. Beberapa orangtua ikut menemani anak di kelas. Kira sendiri saya tunggu di luar kelas karena saya lihat dia masih bisa beradaptasi dan berkomunikasi dengan sekitar tanpa harus saya dampingi. Saya cuma memastikan kalau saya ada ketika ia mencari saya atau ayahnya.

Agar Kira tidak bosan dengan aktivitas sekolah?

Paling utama sih menjaga istirahat dan asupan makanannya, supaya dia semangat dan berenergi saat beraktivitas di sekolah, ya. Selebihnya sih lebih menyemangati saja, misalnya dengan mendongeng sebelum tidur dan memasukkan tema cerita sekolah di dalamnya, jadi ia semakin familiar dengan istilah sekolah.

Processed with VSCO with f2 preset

Untuk Mamas yang tahun depan akan mendampingi anaknya masuk sekolah, sharing dong persiapan apa saja yang dilakukan untuk menyiapkan mereka menghadapi ‘dunia baru’nya?

Melakukan survei terlebih dulu sebelum memilih sekolah, paling tidak 3-4 diantaranya baru mengajak serta anak untuk trial. Lalu ketika sudah memutuskan sekolah mana yang akan dipilih, perlahan – lahan saya mengenalkan konsep, nama sekolah, sampai teman dan guru baru.

Berarti, ada perubahan scheduling waktu mengantar/menemani Kira sekolah dengan jam kerja, dong?

Biasanya living loving menentukan hari kerja kami dalam seminggu, misalnya seminggu 3 kali. Jadi saya hanya ke studio pada hari-hari tersebut. Di luar itu saya bekerja di rumah atau di mana saja, jadi masih bisa tetap mendampingi Kira. Nah, setelah Kira sekolah setiap hari ini, rencananya saya akan bekerja di studio seperti biasa namun jadwalnya lebih pagi supaya sore sudah bisa pulang. Aktivitas di luar studio seperti meeting dan shooting kami usahakan untuk dilakukan pada tiga hari tersebut. Selain itu, saya dan Miranti, partner di Living Loving, juga sudah menentukan kalau dalam sebulan hanya menggunakan 2 weekend untuk kegiatan Living Loving.

Screenshot_2016-07-29-14-48-48_com.instagram.android_1469778545893

Karena tidak semua anak bisa langsung beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru tanpa didampingi orangtuanya, mama Nike merasa momen #HariPertamaSekolah menjadi penting untuk menunjukkan dukungan dan penyemangat bagi Si Kecil agar lebih mudah mengenal lingkungan barunya. Lalu, bagaimana pengalaman #HariPertamaSekolah Si Kecil, Mams? Sharing cerita via kolom komentar di bawah ini, yuk! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Nike Prima)

Shares