Career

7 Aturan Berkarier Bagi Smart Mama

By  | 

Menjalani peran sebagai seorang mama sekaligus wanita bekerja memang tidak mudah ya, Mams. Oleh karena itu, Anda harus memiliki aturan tersendiri dalam hal berkarier. Bukan berarti Anda tidak mengikuti peraturan yang sudah diterapkan oleh kantor lho, namun Anda harus memiliki siasat agar keduanya dapat berjalan lancar. Apa saja aturan berkarier bagi para smart mama? Yuk simak.

  • Datang lebih awal. Tiba di kantor lebih pagi memang banyak keuntungannya, Anda dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat karena belum ada gangguan. Datang lebih pagi juga dapat menjadi salah satu cara menghindari lembur kan Mams, dan tiba di rumah lebih cepat, sehingga Anda memiliki waktu untuk bercengkrama dengan pasangan dan Si Kecil
  • Delegasi. Baik di kantor maupun di rumah, delegasikan beberapa pekerjaan Anda dengan staf yang ahli di bidangnya. Sebagai career mama tentu saja Anda tidak bisa mengerjakan semuanya. Di kantor Anda harius cermat dalam membagi tugas dengan staf dan rekan kerja sesuai dengan kapasitas masing-masing. Begitu pula di rumah, Anda dan suami dapat berbagi tugas mengurus rumah tangga atau menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART).
  • Berteman dengan sesama mama baik di kantor, lingkungan rumah juga sekolah anak. Hal ini akan membantu meringankan tugas Anda lho, Mams. Dari teman kantor Anda akan mendapatkan dukungan juga advis seputar parenting. Dan biasanya rasa solidaritas antar sesama mama lebih tinggi sehingga mereka akan membantu pekerjaan Anda jika diperlukan. Begitu juga dengan lingkungan tetangga dan sekolah anak, berteman dengan mereka, Anda dapat menitipkan anak atau memperoleh update seputar isu atau kegiatan yang berlangsung di sekolah.

Young family taking a nap together on a bed.

  • 100% Fokus. Usahakan untuk selalu fokus dimanapun Anda berada. Saat bekerja, fokuskan seluruh perhatian Anda pada pekerjaan agar hasilnya maksimal. Nah kala berada di rumah, sebaiknya hindari pembicaraan seputar atasan atau rekan kerja. Namun jika ada  hal yang mengganjal dan Anda ingin becerita pada pasangan, batasi waktunya ya, Mams. Manfaatkan waktu Anda di rumah untuk quality time bersama suami dan Si Kecil.
  • Sediakan waktu untuk diri sendiri. Bukan berarti Anda harus bepergian jauh sendirian lho, Mams. Menyediakan waktu untuk ke salon atau bertemu teman lama juga sudah cukup guna menyegarkan pikiran Anda, serta recharge energy.
  • Berpakaian sesuai kondisi. Saat di rumah bisa jadi Anda berpakaian seadanya kala menemani Si Kecil bermain, selain itu membersihkan rumah dan memasak juga membutuhkan outfit sederhana yang nyaman juga siap terkena noda. Namun saat ke kantor, maksimalkan tampilan Anda dengan pakaian yang stylish juga make up sempurna agar tampak profesional.
  • Jaga komunikasi keluarga. Yang satu ini juga sangat penting lho, Mams, Anda berada di luar rumah seharian penuh. Manfaatkan teknologi untuk saling komunikasi dengan suami maupun nanny atau asisten rumah tangga yang bertugas menjaga Si Kecil. Dengan begitu Anda tidak akan kehilangan komunikasi dengan pasangan dan momen pertumbuhan Si Kecil. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares