Interior Design

Jaga Teras Bersih dengan Cara ini!

By  | 

Kini, banyak rumah yang mengalih fungsikan teras sebagai ruang untuk menerima tamu atau area bermain anak. Bila sebelumnya teras hanya sebagai area yang dihiasi oleh tanaman dan jarang digunakan, kini Anda harus lebih memperhatikan tata letak dan penyusunannya agar tidak mudah kotor dan basah dari air hujan, atau terkena paparan sinar matahari langsung yang membuat tak nyaman.

Untuk mengakalinya, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Batas antara teras dan halaman tanah, membuat percikan air hujan mengotori lantai teras. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya halaman bisa diberi paving atau cukup memberi taburan batu koral pada tanah di sekeliling teras. Batu-batuan ini dapat mengurangi cipratan air yang membuat basah dan kotor teras Anda.

Subject: Happy children with their family Havanese  pet dog.

  • Lantai teras juga mudah basah karena teritisan yang kurang lebar. Karena itu, pertimbangkan berapa lebar teritisan yang dibutuhkan agar teras aman dari cipratan air hujan.
  • Bila teritisan sudah terlanjur pendek, Anda bisa mengakalinya dengan memasang tirai bambu, atau sering disebut kerai. Kerai ini nantinya dapat menahan air hujan agar tak tampias ke dalam teras. Penggunaan kerai ini juga dapat menghalangi paparan sinar matahari langsung.
  • Dan bila teras Anda terkena panas karena langsung terpapar sinar matahari, Mamas dapat menyiasati hal ini lewat vegetasi tanaman seperti tanaman merambat, yang juga berfungsi sebagai dekorasi teras Anda. (Tammy Febriani/YA/Photo: Istockphoto.com)

Shares