Education

Ajarkan Si Kecil Tentang Hidup Bersih dan Sehat

By  | 

Kebiasaan hidup bersih dan sehat sejak dini, hingga dewasa pun anak akan terbiasa dengan pola tersebut. Mengenalkan arti penting menjaga kebersihan dan merawat diri menjadi bagian yang harus diajarkan orang tua dalam masa pertumbuhan Si Kecil. Jika diajarkan sejak dini, anak akan terbiasa menjaga lingkungannya tetap bersih dan kesehatannya tetap terjaga.

Ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk membiasakan anak untuk hidup bersih yakni mengajarkannya mencuci tangan dengan sabun ketika akan makan atau habis bermain dan membuang sampah pada tempatnya. Berikut triknya, Mamas.

  1. Ciptakan lingkungan nyaman. Cara yang paling utama adalah dengan menciptakan lingkungan, keadaan, dan kegiatan yang menyenangkan bagi si anak. Menyenangkan, artinya jangan sampai anak merasa didoktrin dan dipaksa. Proses mengenalkan kebersihan dan pola hidup yang bersih harus berjalan wajar dan anak menikmatinya. Salah satu contohnya misalnya dengan meletakkan kotak sampah berbentuk lucu dengan warna-warna cerah atau bergambar kartun yang disukai sikecil dipojok kamar. Dengan begitu, Si Kecil akan merasa senang. Selain senang dengan kotak sampah lucunya, ia juga akan rajin membuang sampah atau bungkus makanannya kedalam kotak sampah tersebut.
  2. Biasakan mencuci tangan. Biasakan Si kecil untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, ini juga salah satu cara membiasakan hidup bersih dan sehat. Jelaskan dengan kata-kata yang mudah dicerna, mengapa kita perlu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan. Misalnya khawatir terdapat telur cacing, takut ada virus yang bisa membuat sakit dan sebagainya. Ketika menjelaskan hal ini bisa menyampaikannya dengan dongeng sehingga lebih cepat masuk dan diterima anak.
  3. Disiplin. Membiasakan hidup bersih kepada Si Kecil harus diiringi dengan pendisiplinan. Ini agar Si Kecil konsisten menjalankannya. Pendisiplinan juga harus diiringi contoh Anda sebagai orang tua. Karena anak cenderung melakukan apa yang dilihat dari orang tuanya dan mencontohnya. Jadi kalau anak melihat orang tuanya tidak menerapkan hidup bersih pula, maka jangan harap Si Kecil akan menerapkan pola hidup bersih juga. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares