Finance

5 Tip Keuangan Tetap ‘Aman’ Paska Lebaran

By  | 

Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh tepat pada tanggal 6 Juli 2016. Artinya, Mamas dan keluarga diperkirakan akan kembali beraktivitas paska lebaran pada pekan ke dua. Menikmati momen lebaran memang menyenangkan ya, Mams. Tetapi jangan lupa, Anda masih membutuhkan tambahan waktu selama dua pekan untuk kembali menerima penghasilan di bulan ini. Nah, bagaimana keadaan keuangan Anda saat ini, apakah masih aman? Masih ada waktu untuk mensiasatinya, kok.

1. Terapkan aturan ‘aman’ untuk alokasi keuangan keluarga:
Pengeluaran rutin: 20 – 40% dari penghasilan.
Investasi: 30% dari penghasilan.
Cicilan hutang: 30% dari penghasilan.
Pengeluaran pribadi: 20% dari penghasilan.

2. Yuk, mulai berhitung! Bila sebelumnya mamas tidak terbiasa untuk mencatat semua pengeluaran, usahakan lakukan kebiasaan baik ini selama masa mudik. Dengan berhitung, Anda bisa berhemat karena selalu dapat melihat sisa tabungan setiap saat.

3. Atur ulang perincian pengeluaran. Lihat kembali budget apa yang sekiranya dapat diminialisir atau bahkan dihapus sama sekali penggunaannya, seperti dana pleasure baik untuk Anda dan Si Kecil.

4. Batasi pengeluaran harian. Jika memungkinkan, Mamas bisa memangkas biaya antar jemput sekolah Si Kecil sementara waktu hingga akhir bulan; atur kembali schedule Anda/pasangan untuk menjemput mereka di sekolah hingga kondisi keuangan kembali aman.

5. Kontrol pengeluaran. Si Kecil belum saatnya membeli stroller atau audio book baru? Jangan tergiur untuk mempergunakan sisa dana THR yang ada ya, Mams. Disiplinkan diri Anda untuk memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu.

Kunci dari pengelolaan keuangan keluarga yang baik adalah disiplin. Lakukan pemeriksaan kondisi keuangan dengan segera (Baca: Yuk, Cek Kondisi Keuangan Anda!) dan batasi pengeluaran mulai dari sekarang. It’ll probably be happier later on. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares