Style

11 Perlengkapan Si Kecil yang Wajib dibawa Saat Mudik

By  | 

Jelang mudik lebaran, Anda yang  masih memiliki bayi dan balita, tentu ingin kegiatan mudik bersama keluarga menjadi momen yang tidak terlupakan. Selain memberi pengalaman tersendiri untuk Anda, mudik dengan membawa Si Kecil akan terasa lebih menyenangkan dan seru. Namun, jangan sampai kondisi jalanan serta persiapan yang tidak matang membuat perjalanan mudik bareng Si Kecil jadi berantakan dan merepotkan. Berikut adalah list beberapa perlengkapan yang wajib Anda bawa, Mamas.

1. Camilan. Usahakan 2-3 jam sebelum berangkat perut anak sudah terisi, sehingga dalam kendaraan Anda cukup menyiapkan camilan kesukaannya. Pilih yang ringan dan tak berbau menyengat. Lengkapi dengan air putih yang disimpan dalam botol air minum insulated agar bisa tahan panas/dingin.

2. Baju Ganti dan Popok. Muntah, banyak berkeringat, atau ketumpahan makanan bisa jadi terjadi di sepanjang perjalanan. Oleh karena itu siapkan beberapa pasang baju ganti dan popok sekali pakai di dalam tas yang mudah dijangkau. Pilih bahan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan menyerap keringat.

baju-bayi-bagus

3. Buku dan Mainan. Buku cerita, boneka, atau kartu bisa menghilangkan kebosanan Si Kecil selama perjalanan. Sebaiknya bawa mainan favoritnya agar ia terhibur jika terjadi kemacetan.

re_buku_picture_update_85664

4. Lagu atau Film Favorit. Siapkan lagu kesukaan anak, film kartun favorit atau game menarik lainnya dalam gadget. Jangan lupa bawa charger atau power bank agar gadget bisa selalu berfungsi ketika dibutuhkan.

5. Bantal Selimut. Suhu di dalam kendaraan bisa jadi terlalu dingin buat anak. Siapkan selimut yang lembut dan nyaman. Mau praktis? Bawa balmut alias bantal selimut sehingga saat tak digunakan bisa menjadi sandaran empuk.

juzzshop-bantal-selimut-mini-funny-zebra-0788-164243-1-catalog_233

6. Baby Carseat. Baby carseat membuat tubuh anak nyaman di perjalanan dan Anda pun tak perlu repot memangku. Sesuaikan ukuran dengan usia anak.

carseats_group0

7. Baby Carrier. Gunakan baby carrier yang aman untuk anak. Pilih yang modelnya praktis tetapi nyaman dipakai, misalnya yang bisa digunakan di depan dan belakang. Atau, boleh juga berupa kain panjang jika Anda merasa nyaman menggunakanya.

8. Stroller. Saat anak mengantuk atau kelelahan berjalan-jalan di tempat tujuan, benda ini bisa menjadi solusi. Bawalah stroller yang memang cocok untuk traveling sehingga ukurannya tidak terlalu besar, cukup ringan ditenteng, dan praktis dilipat dalam tas. Sekadar tips, jangan meletakkan barang belanjaan pada pegangan stroller jenis travelingini, karena bobotnya yang ringan membuat stroller jenis ini mudah terbalik.

9. MPASI dan Perlengkapannya. Membawa mudik Si Kecil yang masih mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI), jangan lupa membawa beberapa peralatan wajibnya, seperti botol susu, botol minum, botol warmer, termos, wadah anti tumpah, peralatan makan, panci kecil, kompor listrik, hingga bahan makanannya, ya, Mamas.

little-baby-tas-botol-asi-hitam-8945-050271-1-product

10. Tas Perlengkapan Anak. Siapkan satu tas khusus berisi perlengkapan Si Kecil, seperti tisu basah, tisu kering, topi, makanan, popok, kaus kaki, handuk kecil, kantong plastik serbaguna dan sebagainya. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau.

skip-hop-duo-diaper-bag-jonathan-adler-nixon-black-9

11. Toiletries. Sisir, sabun, sampo, sikat, pasta gigi, lotion, hingga baby cream juga wajib dibawa. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares