Health

Tip Mudik dengan Aman Bagi Calon Mama

By  | 

Tak terasa sebentar lagi lebaran tiba ya, Mams. Tentunya persiapan untuk mudik sudah bisa dimulai dari sekarang. Tak seperti momen mudik biasanya, bagi Anda yang sedang hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap nyaman selama mudik. Berikut ini beberapa tip dari Smart Mama, bagaimana persiapan mudik bagi calon mama baik dengan kendaraan darat seperti mobil, bus, dan kereta api, atau dengan pesawat udara.

Dengan Kendaraan Darat

Waktu perjalanan yang akan Anda tempuh tentunya cukup lama, belum lagi harus menghadapi macet bila Anda mudik dengan kendaraan pribadi ataupun bis. Sebelum Anda mudik, yuk persiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum melakukan perjalanan mudik, untuk mengetahui apakah kondisi Anda memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh. Bila saat itu Anda sedang merasakan suatu keluhan, jangan segan untuk menyampaikannya kepada dokter kandungan Anda.
  • Tetap perhatikan kesehatan Anda ya, Mamas to be. Jangan sampai terlalu lelah, dan bila terjadi kontraksi, segeralah beristirahat.
  • Konsumsi vitamin sesuai anjuran dokter untuk menguatkan kehamilan dan menjaga stamina tubuh Anda.
  • Sediakan camilan sehat seperti buah-buahan atau crackers selama perjalanan.
  • Jika Anda bepergian dengan mobil, hindarilah jalan yang berlubang dan jelek.
  • Dokter kandungan biasanya masih mengijinkan calon mama untuk menyetir hingga usia kandungan mencapai usia tujuh bulan. Karena pada usia ini, kondisi janin terus bergerak aktif dan tingkat perlindungan air ketuban juga masih optimal, sehingga masih mampu meredam goncangan dan janin pun tak terganggu dengan goncangan-goncangan tersebut.

Dengan Pesawat Terbang

Sementara untuk bepergian dengan pesawat terbang, sebaiknya yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Sama dengan perjalanan darat, konsultasikan terlebih dahulu rencana mudik Anda kepada dokter kandungan. Informasikan kapan Anda berniat untuk berangkat mudik, usia kandungan, keluhan yang mungkin sedang Anda rasakan, daerah tujuan, serta durasi waktu penerbangan.
  • Jangan lupa juga untuk meminta surat keterangan izin terbang dari dokter kandungan Anda. Surat keterangan ini berisi bahwa dokter kandungan Anda menyatakan kalau kandungan Anda dalam kondisi sehat dan diperbolehkan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat udara. Surat ini digunakan untuk berjaga-jaga jika diminta oleh pihak bandara atau maskapai penerbangan.
  • Selama Anda berada di atas pesawat, sangat dianjurkan bagi Mamas to be untuk sering minum air putih dan banyak bergerak. Sebab, selama masa kehamilan, risiko pembentukan varises di kaki meningkat. Bagi Mams to be yang menempuh penerbangan yang memakan waktu cukup panjang, gunakan flight sock atau compression stocking yang tersedia di sejumlah toko perlengkapan kesehatan.

Dan untuk Anda ketahui, dilansir dari babycenter.com, ternyata kendaraan yang paling aman bagi calon mama saat menempuh perjalanan jauh adalah dengan menggunakan kereta api lho, Mamas. Hal ini karena kereta memiliki ruang gerak yang lebih luas dibandingkan mobil, bus atau pesawat terbang. Dan saat Anda merasa pegal, Anda masih bisa berjalan-jalan di gerbong kereta untuk meregangkan kaki. Setiap gerbong kereta juga dilengkapi dengan dua buah toilet, sehingga memudahkan Anda jika ingin menggunakannya. Di atas kereta Anda juga bisa lebih bersantai, menghabiskan waktu dengan membaca buku, atau mendengarkan musik sambil menikmati pemandangan selama perjalanan. Jangan lupa membawa bantal dan juga selimut ya, Mamas. Mengingat suhu di kereta cukup dingin, terutama saat perjalanan di malam hari. Selamat mudik! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares