Interior Design

5 Tip Menata Lemari dan Rak Dapur

By  | 

Memiliki sebuah dapur memasak yang bersih dan nyaman tentu menjadi idaman Anda kan, Mams. Selain nyaman untuk melakukan aktifitas memasak, dengan keadaan dapur yang bersih ini juga berpengaruh terhadap masakan yang diolah. Salah satu hal yang anda perhatikan dalam dapur Anda yaitu rak dan lemari. Ya, sebuah tempat yang berguna untuk meletakkan peralatan memasak maupun bahan-bahan. Dengan mengatur serta membersihkan rak dan lemari dapat mempermudah pekerjaan Anda di dapur pada kemudian hari.

1. Membuat daftar
Mulailah dengan daftar bahan-bahan dan bumbu, alat memasak, panci, dan berbagai kebutuhan lain di dapur.
Dengan membuat daftar, Anda bisa memperkirakan berapa banyak ruangan yang dibutuhkan untuk menaruh barang dalam lemari dapur. Buatlah daftar ini sambil Anda mengosongkan isi lemari dapur.

2. Merawat lemari dapur
Pastikan Anda melakukan perawatan pada lemari dapur. Cara ini memudahkan Anda saat hendak membersihkan lemari.Bersihkan debu dan kotoran setiap minggu. Pastikan juga wadah-wadah bumbu tetap bersih. Jangan biarkan ada bumbu, saus, kecap, dan air yang tumpah.

rak-dapur10

3. Bersihkan rak dapur
Jangan lupa, Anda juga perlu memastikan rak tersebut sudah kering sebelum menempatkan bahan, bumbu, dan alat memasak ke dalamnya.

4. Masukkan bumbu ke dalam wadahnya
Jangan pelit berinvestasi dengan membeli wadah bumbu dapur yang layak, berukuran sesuai dengan kebutuhan, dan kedap udara. Pindahkan bumbu-bumbu dapur yang selama ini belum punya wadah, ke dalam wadah bumbu yang baru Anda beli. Dengan cara demikian, Anda tidak perlu khawatir bumbu menjadi lembab atau tidak dapat digunakan lantaran rusak.

Contoh-Desain-Rak-Dan-Lemari-Dapur-Yang-RapiBersih-Dan-Nyaman

5. Masukkan wadah dan peralatan dalam lemari
Masukkan wadah-wadah bumbu dan berbagai peralatan memasak lainnya ke dalam lemari dapur. Kunci menata lemari dapur adalah menempatkan barang-barang yang paling sering digunakan pada lokasi terdekat dengan Anda. Makin jauh, atau berada makin di bagian atas lemari, merupakan lokasi untuk barang-barang yang jarang digunakan. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares