Mind

Hindari Rasa Cemburu pada Sahabat yang Sukses

By  | 

Tak perlu disangkal, sahabat merupakan orang terdekat selain suami dan keluarga. Segala bahagia dan keluh kesah yang ada, tak ragu akan kita sampaikan pada sahabat, begitu pula sebaliknya. Susah dan senang, kita selalu bersama sahabat. Persahabatan yang cukup lama terjalin, apalagi sejak masa sekolah, membuat kita kenal luar dalam bagaimana sahabat kita. Dari susahnya mendapatkan toga, susahnya mencari kerja, hingga kemudian menikah, memiliki anak, dan bahagia dengan kehidupan keluarga masing-masing.

Namun, pernahkah Anda merasa iri dengan sahabat Anda, atau membandingkan diri Anda dengan sahabat yang ternyata kini lebih sukses? Walau hal tersebut tak memengaruhi persahabatan Anda dengannya (setidaknya saat ini), namun tanpa Anda sadari, sikap cemburu ini dapat menimbulkan hal yang negatif bagi persahabatan kalian lho, Mamas.

“Banyak hal yang menjadi penyebab dalam kecemburuan, seperti kurang percaya diri, merasa ketakutan, ketergantungan, posesif, masalah kepercayaan, dan perilaku masa lalu dalam persahabatan Anda,” ujar psikolog, Nicole Martinez, Psy.D, LCPC.

Jadi, untuk menghindari rusaknya persahabatan dan juga demi kesehatan emosional Anda, yuk ikuti beberapa trik berikut ini agar persahabatan tetap terjalin dengan baik, dan Anda pun bahagia.

  • Akui saja. Jika Anda merasa iri pada sahabat, maka akui saja Mams. Toh, merasa iri merupakan hal yang normal kok. Bahkan menurut penelitian, menekan rasa iri ataupun cemburu justru menjadi sangat tidak efektif dan bisa meningkatkan tekanan tersebut.
  • Kebahagiaan tak akan menyakiti Anda. Hidup di dunia sangatlah kompetitif, Mamas. Dan tak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa sukses di waktu yang sama. Lagi pula, kebahagiaan tak hanya bisa diukur dari kesuksesan saja bukan? Jadi saat sahabat Anda lebih sukses dari Anda, bukan berarti kemudian Anda jadi tak bisa lebih bahagia daripada dirinya. Ingatlah apa saja yang telah Anda capai bersama keluarga Anda, dan berbahagialah dengan itu.
  • Cari tahu sumbernya. Banyak alasan yang bisa menimbulkan rasa iri atau cemburu pada seseorang. Dan Anda harus mencari tahu darimana sumber rasa iri Anda ini. Awalnya pasti Anda akan berpikir bahwa kesuksesan sahabat lah yang jadi sumber rasa iri Anda, padahal belum tentu lho, Mamas. Bila Anda mau menggalinya lebih dalam, maka kesuksesan sahabat bukanlah satu-satunya alasan yang membuat Anda merasa iri. Setelah Anda sudah mengetahui sumber terbesarnya, koreksi dimana salahnya, dan perbaiki.
  • Tetap positif. Disaat karier sahabat terus menanjak dan peningkatan karier Anda sepertinya tak terlalu baik, maka jangan hanya kemudian merasa stres dan marah. ingatlah Mams, bahwa hidup di dunia itu ada kalanya naik dan ada kalanya turun, jadi tetaplah positif. Bisa saja saat ini Anda merasa ada di bawah, namun ketekunan dan jerih payah Anda nantinya akan membuahkan hasil dan membawa Anda kepada kesuksesan.
  • Tangani stres Anda. “Bila Anda tak dapat menangani rasa iri Anda ini, kemungkinan Anda sedang merasa lelah atau stres,” ujar psikolog Craig Malkin, Ph.D. Dan rasa iri ini merupakan respon dari stres Anda. Jadi, tangani rasa lelah dan stres Anda dengan berolahraga, mengonsumsi makanan bernutrisi, meditasi atau yoga, dan minta dukungan dari orang terdekat Anda.
  • Jadikan inspirasi. Daripada Anda terus memikirkan dan membandingkan diri Anda dengan Sang Sahabat, atau selalu berpikir negatif terhadap sahabat, lebih baik jadikan kesuksesannya sebagai inspirasi bagi Anda untuk dapat merasakan hal yang sama. Toh ia sahabat Anda, pasti ia tak akan merasa keberatan berbagi trik suksesnya pada Anda.
  • Bersyukur. Level kebahagiaan setiap orang berbeda lho, Mamas. Bisa jadi sebenarnya sahabat juga mengidolakan Anda yang walau secara karier dan materi tak sesukses dirinya, namun dapat hidup lebih bahagia daripada dirinya. Jadi sebaiknya bersyukur dan berbahagialah dengan hidup Anda. Saling mendukung akan membuat persahabatan Anda juga akan semakin solid. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares