Career

6 Tip Sukses Berbisnis dari Jessica Alba

By  | 

Ketika membahas tentang selebriti yang juga sukses menjadi seorang pebisnis, maka nama Jessica Alba akan selalu disebut. Aktris yang juga mama dari dua orang anak ini, sekaligus juga menjabat sebagai CEO di perusahaan miliknya, The Honest Company, sebuah perusahaan retail yang ia bangun bersama seorang partner. The Honest Company tak hanya merupakan ladang bisnis bagi Alba, namun juga merupakan passion project baginya. Perusahaan bernilai $1,7 juta ini tak kemudian membuatnya memposisikan diri sebagai pemilik saja, namun juga turut terjun didalam bisnisnya. Baik turut merancang strategi marketingnya, hingga top-level planning lainnya.

Dan berikut ini merupakan tip dari Jessica Alba, bagaimana mengubah sebuah ide hingga bisa berkembang menjadi sebuah bisnis yang sukses seperti dilansir dari Working Mother.

  1. Investasi Staf. Bagi Alba, membangun sebuah bisnis mengajarkan ia bagaimana pentingnya berinvestasi pada sumber daya manusia. Jadi tak hanya merekrut pegawai yang berkualitas saja, namun perusahaan juga perlu memberikan fasilitas terbaik bagi para pekerjanya. Contohnya, Honest Company memiliki parental leave policyatau peraturan cuti yang mengizinkan pegawainya baik pria maupun wanita untuk bisa mengambil cuti hingga 16 minggu lamanya dan tetap menerima gaji. “Bila ternyata mereka membutuhkan waktu yang lebih lama, maka kami akan memberikannya,” ujar Jessica. “Semakin sehat dan bahagia, juga semakin terpenuhi hak mereka sebagai karyawan, maka mereka akan bekerja semakin baik bagi perusahaannya. Dan itu adalah sesuatu yang membuat saya bangga,” tegas mama dari Honor, 7 tahun, dan Haven, 4 tahun.
  2. Stop Multitasking. Meskipun wanita diketahui mahir melakukan multitasking, namun memahami mana yang seharusnya jadi prioritas adalah hal yang utama. “Tak seharusnya Anda bersikeras untuk bisa melakukan segalanya, Anda hanya perlu melakukan hal yang penting atau yang menjadi prioritas. Seperti misalnya menentukan acara sekolah anak yang mana yang perlu didatangi dan tak usah terlalu memikirkan bila memang Anda tak bisa hadir,” saran Alba.
  3. Sisihkan waktu untuk beristirahat. Meski sibuk, Alba tetap memprioritaskan kesehatan dan keluarga. Hal itu pula yang ia harapkan dari para staf-nya. “Kami mengatakan pada tim eksekutif dan para manajer, bila mereka tidak bisa menjaga diri sendiri dan keluarga, maka itu dapat memengaruhi pekerjaan. Orang akan dapat bekerja lebih baik ketika mereka terinspirasi dan bahagia,” katanya lagi.
  4. Dekat dengan pelanggan. Memiliki perusahaan yang bergerak di bidang retail, mendengarkan saran dan keluhan pelanggan sangatlah penting. Seperti misalnya saat ia meluncurkan produk overnight diapers. Alba mengatakan kalau sebelumnya ia membuka dialog terbuka dengan para pelanggannya untuk mengetahui apa saja produk yang sedang tren saat ini. “Setiap harinya kami berhubungan dengan 7000 pelanggan, baik melalui sosial media, live chat, ataupun telepon. Dari data yang kami dapatkan, kami jadi tahu apa yang sedang trend dan mereka butuhkan saat ini,” ujar aktris kelahiran 28 April 1981.
  5. Belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman. Sebagai new comer dalam dunia bisnis, meminta saran dari orang-orang yang lebih ahli dan berpengalaman untuk menentukan langkah dan pengambilan keputusan sangatlah penting. “Bila Anda adalah orang yang paling pintar dalam suatu ruangan, maka Anda seharusnya merasa khawatir! Anda harus selalu memiliki keinginan untuk tumbuh dan dikelilingi orang-orang yang lebih cerdas dari Anda sendiri,” ungkap istri dari Cash Warren ini.
  6. Jangan Berpikir Terlalu Jauh. Dari awal sebetulnya Alba memiliki rencana yang besar dengan bisnisnya. Namun ia memilih untuk tak berpikir terlalu jauh dahulu untuk menghindari kewalahan. Jadi, ia memilih untuk melihat perkembangan bisnisnya dari hari ke hari. “Saya lebih memilih memilih melihat perkembangan bisnis saya dari hari ke hari atau minggu ke minggu daripada melihat hasilnya per bulan. Saya berusaha selalu ada untuk bisnis saya kapan saja dibutuhkan,” tutup pemeran Victoria Knox di film Barely Lethal ini. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Working Mother)

Shares