Health

Makanan Praktis Si Kecil Saat di Perjalanan

By  | 

Saat bepergian, Si Kecil berisiko mengonsumsi makanan yang tidak sehat terutama junk food yang dikenal lebih praktis. Lakukan beberapa hal ini agar Si Kecil tetap mengonsumsi makanan sehat.

Mams, menu yang praktis tidak selalu harus makanan cepat saji. Misalnya saja, mie goreng bisa Anda racik menjadi lebih sehat dengan tambahkan beberapa sayuran atau sosis goreng.  Berikut beberapa pilihan makanan agar Si Kecil tetap nyaman di mobil meski harus bepergian jauh.

1. Jangan lupa sarapan
Sebelum berangkat, berikan Si Kecil terlebih dahulu sarapan. Roti, mie atau nasi dengan tambahan lauk dan sayuran bisa jadi menu sarapan yang menyehatkan. Sarapan penting dilakukan sebelum pergi. Karena jika perut kosong, anak akan lebih rewel dan berisiko pusing hingga masuk angin saat perjalanan.

2. Bekal Makanan
Beberapa jam di mobil dapat membuat Si Kecil merasa bosan dan merengek untuk jajan. Untuk itu, sediakan bekal makanan enak seperti sandwich yang dilengkapi dengan sayuran, daging ayam dan jus buah. Mie goreng dengan potongan sayuran, telur atau daging ayam juga bisa jadi pilihan bekal enak yang tahan lama selama berjam-jam.
Jika Anda naik mobil lebih dari empat jam, bersiaplah dengan makanan ringan seperti biskuit, kacang-kacangan dan beberapa potongan buah seperti apel.

 

Resep-Masakan-Mie-Goreng-Tauge

3. Pilih Makanan
Jika saat perjalanan Anda harus mampir membeli makanan, sebaiknya pilih makanan seperti susu, sereal, buah, sandwich dan makanan ringan yang mengenyangkan. Sedangkan, saat mampir ke restoran sebaiknya cari yang ‘kids friendly’ pastikan ada menu-menu makanan yang cocok disantap anak seperti sup sayuran, olahan kentang hingga ayam goreng yang jadi favorit Si Kecil.

 

Menu-makan-siang-praktis-dan-sehat-Sup-Sayuran

4. Sediakan Air Minum
Anak-anak lebih banyak bergerak dan aktif dibandingkan dengan orang dewasa. Apalagi jika cuaca panas, kekurangan cairan dapat sebabkan anak dehidrasi. Saat berpergian, Anda harus menyiapkan botol yang berisi air mineral agar si kecil tetap terhidrasi optimal. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares