Health

Yang Harus Diketahui tentang Operasi Caesar

By  | 

Semua mamas to be pasti mendambakan momen yang indah dan tak terlupakan saat melahirkan Si Kecil. Nah, jika Anda disarankan untuk melahirkan dengan cara operasi caesar oleh dokter kandungan, maka sebaiknya Anda mengetahui secara detail seputar operasi caesar agat nantinya Anda dapt melahirkan dengan nyaman dan lancar.

Persiapan Operasi Caesar
Hal pertama yang dilakukan oleh dokter maupun perawat adalah memeriksa kondisi kesehatan Anda. Kemudian, Anda akan dibius dengan cara disuntik pada bagian belakang. Selanjutnya Anda akan diberi minuman berupa cairan untuk menetralisasi asam pada lambung. Di ruang operasi, bagian perut Anda akan ditutup tirai sehingga Anda tidak dapat menyaksikan proses operasi yang berlangsung nantinya.
Biasanya perawat juga akan mencukur rambut pada area Miss V guna membersihkan jalan keluar bayi. Berbeda dengan persalinan normal, biasanya suami Anda tidak diperkenankan masuk ke dalam ruang operasi. Peraturan ini diberlakukan guna menjaga kesterilan ruang operasi.

Saat Operasi Caesar Berlangsung
Segera setelah obat bius bereaksi, dan Anda mulai tidak merasakan apapun mulai dari area perut hingga kaki, maka dokter akan memulai proses operasi. Bagi dokter Anda, proses operasi caesar mirip dengan proses persalinan normal yakni menekan bagian perut Anda kemudian meraih kepala juga bahu Si Kecil dari rahim Anda.
Dan tanpa Anda sadari, bayi Anda telah lahir ke dunia. Jika tak ada kendala, proses tersebut relatif sangat sebentar, hanya dalam hitungan menit saja. Biasanya, Anda diizinkan untuk memeluk bayi Anda sebentar sebelum ia dibersihkan. Selanjutnya, dokter akan melanjutkan proses menutup bekas operasi Anda. Setelahnya, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan dan perlahan Anda mulai dapat merasakan kaki Anda.

Proses Pemulihan
Di hari pertama paska operasi caesar, biasanya Anda akan diminta untuk beristirahat total. Dan Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan setelah Anda buang gas yang menandakan tubuh Anda telah berfungsi dengan normal. Dan sama dengan persalinan normal, Anda juga akan mengalami pendarahan dan membutuhkan pembalut.
Di hari kedua, biasanya Anda akan mengalami kesakitan yang cukup mengganggu. Anda akan diminta untuk menelan pain killer guna meredakannya. Di hari ketiga atau keempat biasanya Anda sudah mulai bergerak normal, namun masih merasa nyeri. Jika Anda kesulitan menyusui, gunakan bantal menyusui yang dapat mempermudah proses menyusui. Di hari kelima pada umumnya Anda sudah diizinkan untuk meninggalkan rumah sakit. Setelah dua minggu, Anda akan diminta untuk memeriksa bekas operasi. Selanjutnya, Anda sudah dapat beraktivitas seperti biasa dan menjalankan peran baru Anda sebagai seorang mama. Enjoy your new life! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares