Percantik Sudut Rumah dengan Inner Courtyard

By  | 
Inner courtyard atau taman dalam ruang dapat menciptakan suasana yang berbeda dengan menghadirkan nuansa alam di dalam rumah.
4-Wooden-chair
Layaknya sebuah taman, Inner courtyard terdiri dari 2 desain, terbuka dan semi terbuka yang dapat ditutup dengan atap transparan atau tanpa atap sama sekali. Sehingga Anda bisa merasakan hembusan angin atau menatap turunnya air hujan di taman dalam rumah. Namun jika Anda khawatir dengan air hujan yang akan tampias ke dalam rumah, Anda bisa mendesain atapnya dengan sistem buka-tutup untuk memudahkan. Jadi, tak hanya sekedar memberi pemandangan hijau dalam ruangan saja, tapi inner courtyard juga dapat menambah nilai estetika dan memberi kesan luas. Tak hanya itu, ruangan juga akan lebih terang dengan sinar matahari yang menerobos, masuk. Sirkulasi udara pun akan lebih maksimal.
Desain Inner Courtyard
Tak perlu space yang besar, inner courtyard juga dapat diaplikasikan pada ruangan yang terbatas. Meski demikian, posisi inner court yard sangat penting untuk diperhatikan. Pilih lokasi inner courtyard di bagian rumah yang membutuhkan sirkulasi udara cukup seperti ruang makan atau keluarga, dimana Anda dan keluarga sering berkumpul.
9c61bee403d0f351_6310-w500-h666-b0-p0--contemporary-deck
Inner courtyard seringkali didominasi oleh unsur bebatuan, seperti batu koral. Selain bebatuan, tanaman yang tidak terlalu tinggi, seperti hamparan rumput, semak, atau perdu juga bisa menjadi pelengkap sebuah inner courtyard. Pilih tanaman yang membutuhkan sedikit panas matahari agar mudah merawatnya. Hindari menempatkan terlalu banyak tanaman ya, Mamas, agar rumah tidak terlihat penuh, sempit, dan juga lembap. Sebenarnya Anda juga bisa mempercantik tampilan taman dengan menambahkan kolam. Namun kolam membutuhkan ekstra perawatan. Jika tidak dirawat dengan baik, kolam dapat berlumut dan juga mendatangkan nyamuk. Tak hanya itu, atap inner courtyard yang terbuka tentunya juga dapat menjadi jalan masuk nyamuk ke dalam rumah.Namun bila Anda tetap memutuskan adanya penambahan kolam di taman, atasi dengan memasang kawat nyamuk dan rutin membersihkan kolam. Taman di dalam rumah pun jadi terlihat menarik dan tentunya menambah kenyamanan Anda bersama keluarga. (Tammy Febriani/YA/Photo: Various)

 

Shares