Beauty & Style

Cara Alami Kurangi Keputihan Saat Hamil

By  | 

Keputihan yang berlebih saat masa kehamilan adalah hal normal dan wajar. Anda, para Mamas to be yang sedang menjalani kehamilan tidak perlu khawatir. Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalah keputihan.

Keputihan yang dialami ibu hamil karena adanya perubahan hormonal yang terjadi.  Peningkatan hormonal tersebut adalah adanya produksi cairan yang meningkat sehingga mengalami penurunan keasamannya, juga akibat kondisi pencernaan mengalami perubahan. Selain menjaga kebersihan Miss V dengan selalu menggunakan panty liner, menjaga area vagina agar tetap kering, menggunakan sabun khusus, dan tidak menggunakan tisu wangi atau deodoran vagina, Anda bisa melakukan cara lain yang lebih alami, Mamas to be. Berikut tipnya.

Cuka sari apel
Cuka sari apel bermanfaat untuk mengobati keputihan yang aman saat masa kehamilan. Membantu mengembalikan pH alami di dalam tubuh. Cuka bersifat asam dam memiliki kandungan antiseptik yang akan membantu memulihkan kwalitas asam flora vagina dan mengurangi bau pada vagina. Cara menggunakannya campur cuka sari apel dengan air bersih hangat, gunakan untuk mencuci area vagina 2 kali sehari. Anda juga bisa minum sari apel manis 1 kali sehari untuk membantu mempercepat kesembuhan keputihan Anda.

Buah pisang
Walaupun murah dan mudah di dapat, buah pisang di yakini sangat berguna untuk mengurangi keluhan gangguan keputihan selama masa kehamilan. Selain manfaat di atas pisang juga sangat baik untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Cukup mengonsumi pisang matang 2 kali sehari pagi dan sore hari untuk mengurangi terjadinya keputihan.

Buah delima
Buah delima sangat bermanfaat untuk mengatasi keputihan saat hamil, bahkan buah dan daun serta kulitnya bisa di gunakan untuk pengobatan. Caranya minum jus delima sekali sehari sampai 1 bulan. Pilihan lain adalah dengan mengeringkan kulit buah delima dan menggiling atau menghancurkan menjadi bubuk. Campurkan satu sendok makan bubuk ini dalam dua gelas air. Gunakan untuk mencuci area miss V.

Kunyit
Kunyit memiliki sifat anti septik dan antioksidan yang bisa membantu mengobati mengobati keputihan selama kehamilan Anda. Caranya dengan merebus 1 sendok teh kunyit dengan sedikit air sampai airnya berkurang setengah. Bagi menjadi 3 gelas dan di minum pagi, siang dan sore hari. Semua obat alami di atas bisa di gunakan untuk mengatasi keputihan selama kehamilan Anda tetapi sekali lagi berkonsultasi dengan Dokter akan lebih baik untuk mengetahui seberapa keluhan Anda. Cobalah bertanya kepada Dokter bolehkah mengkonsumsi misalnya pisang setiap hari. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares