Parenting

Bila Si Kecil Homesick

By  | 

Tak hanya Anda saja, Si Kecil pun bisa mengalami homesick lho, Mamas. Homesick atau kerinduan akan rumah ini kerap melanda balita. Meski dalam waktu relatif singkat, ia bisa mengalami hal tersebut, apalagi bila saat itu Anda atau orang terdekat lainnya tak ada bersamanya. Misalnya saja, saat ia berada di day care, sedang bersekolah, menginap di rumah kerabat, atau karena ia tak merasa nyaman dengan lingkungannya saat itu. Jangan khawatir Mamas, masalah homesick ini bisa diatasi dengan mudah kok. Berikut tipnya.

  • Ciptakan rutinitas. Balita akan merasa lebih nyaman apabila mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya. Beritahukan apa saja kegiatan rutin yang harus ia lakukan di hari tersebut. Misalnya, sepulang sekolah ia harus mengganti baju dan makan siang, main, tidur siang, mandi, dan bermain lagi. Bila ia sedang menginap di rumah kerabat atau neneknya, lakukan hal yang sama. Saat Anda tak bersamanya, pastikan yang mengasuhnya saat itu juga melakukan hal yang sama.
  • Perhatian Ekstra. Kala ia terlihat gundah karena harus berpisah dengan Anda, beri pelukan dan kecupan sayang Anda padanya. Hal ini akan membuatnya merasa nyaman dan lebih percaya diri saat ditinggalkan. Pikirannya pun tidak lagi tertuju pada rumah dan ia bisa nyaman bermain di day care atau tempat lainnya. Seringkali rasa rindu akan rumah ini muncul karena Si Kecil merasa bahwa hanya di rumah saja ia dapat bertemu Anda.
  • Alihkan Kerinduannya. Homesick yang ia rasakan dapat teralihkan dengan membuatnya sibuk. Jika menginap di rumah kerabat, bekali ia dengan beragam mainan yang ia sukai.
  • Penuhi Kebutuhan Fisiknya. Jika ia merasa lapar, mengantuk, atau lelah, ia akan menjadi sangat rewel dan rindu rumah. Jadi, pastikan bahwa Anda memenuhi semua kebutuhan fisik Si Kecil.
  • Tetap berkomunikasi. Informasikan nomor telepon Anda dan suami kepada orang yang menjaga Si Kecil. Jika ia merasa rindu, ajarkan ia untuk mengatakan hal itu kepada pengasuh saat itu, sehingga Si Pengasuh bisa menelepon Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares