Parenting

11 Cara untuk Meningkatkan Bonding dengan Bayi 

By  | 

Tahukah Anda, Mams, kalau bonding antara mama dan anak memengaruhi bagaimana kepribadiannya kelak? Menurut penelitian, ikatan yang kuat antara mama dengan bayinya dapat memberikan rasa aman dan percaya diri pada anak. Anda bisa melakukan hal ini tak hanya saat ia mulai menginjak usia batita, Anda bisa melakukannya jauh lebih dini, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat bonding Anda dengannya sejak ia lahir:

  1. IMD. Menyusui sesaat setelah melahirkan dipercaya dapat membentuk ikatan batin yang kuat sejak dini lewat kontak kulit antara Sang Mama dan bayinya.
  2. Ada untuknya. Berusahalah untuk ada di sisinya saat ia membutuhkan Anda. Usahakan pula agar Anda ada di sisinya saat ia bangun tidur. Beri pelukan dan ciuman, tindakan ini baik untuk menenangkannya saat terbangun di malam hari.
  3. Cium dan peluk. Ciuman dan pelukan Anda untuknya adalah tanda cinta yang mempererat bonding.
  4. Menyusui dan menyuapi. Jarak pandang bayi yang baru lahir sekitar 30 cm atau dikenal sebagai jarak menyusui. Bayi akan menatap wajah dan mata Anda dalam waktu lama. Hal ini menumbuhkan rasa nyaman pada dirinya dan juga rasa aman karena ada Anda didekatnya. Dan kontak mata antara Anda dan bayi, selain membangun keterikatan, ia juga akan belajar mengenali dirinya sendiri dan membantu meningkatkan kemampuan mental dan fisik.
  5. Pijat. Gerakan pijat dapat membantu bayi merasa lebih relaks. Lakukan pijat bayi ini secara rutin ya, Mamas. Anda bisa melakukannya di pagi hari sebelum ia dimandikan, atau saat menjelang tidur.
  6. Gendong. Menggendong bayi Anda akan membuatnya nyaman. Terlebih lagi, posisinya sepeti saat ia masih di dalam kandungan. Hangat dan nyaman baginya.
  7. Bermain. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bermain dengannya. Bermain cilukba atau memainkan mainan berwarna dengan bunyi-bunyian yang menarik perhatiannya.
  8. Bacakan buku. Walau ia belum memahami jalan cerita yang Anda bacakan, namun membacakan ia buku sambil memangku atau berada di sisinya akan membuatnya senang lho, Mams.
  9. Berbicara. BIarpun ia belum bisa membalas perkataan Anda, dan hanya celotehan-celotehan tak jelas yang keluar dari mulutnya, namun ‘ngobrol’ dengan Anda membuatnya merasa diperhatikan.
  10. Menyanyi. Mengajaknya bernyanyi akan jadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa bernyanyi sambil bertepuk tangan .
  11. Mandi. Sentuhan dan usapan Anda ketika memandikannya, dapat menstimulasi indera perasa anak. Anda bisa mengajaknya bernyanyi atau bermain air bersama. (Tammy Febriani/KR/Photo:Istockphoto.com)

Shares