Career

Q&A: Menjaga Mood di Hadapan Klien

By  | 

Q: Saya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Posisi saya sebagai customer service menuntut penampilan prima dan keramahan di depan customer setiap waktu. Masalahnya, saat ini saya sedang hamil dan mood saya kerap terganggu, hingga menjaga keramahan di depan customer sangatlah sulit bagi saya. Apa yang harus saya lakukan menghadapi masalah ini? Saya tak ingin sampai mendapat complain dari customer karena dibilang tak ramah.

Elsa, 26 tahun, hamil 5 bulan.

A: Sedang tak hamil pun bila mood sedang buruk tentunya juga sulit ya, harus beramah-tamah dengan orang lain, Mams to be? Namun bila sudah berkaitan dengan pekerjaan, maka suasana hati yang tak menentu seringkali harus dilupakan untuk sementara waktu. Untuk menjaga suasana hati atau mood swing, Anda bisa melakukan beberapa tip berikut ini, agar bisa lebih ramah pada customer Anda:

  • Permen. Sediakan permen jahe di meja kerja Anda. Aroma dan rasanya yang khas membuat bagian otak yang mengontrol rasa mual akan mereda dan membuat Anda bisa lebih relaks.
  • Relaksasi sejenak. Kalau mood sudah mulai menunjukkan tanda-tanda akan berubah, coba lakukan gerakan relaksasi sederhana. Cukup di kursi kerja Anda kok, Mams to be. Atur napas sambil memejamkan mata selama beberapa menit. Setelah itu, rasanya pikiran dan tubuh Anda akan jadi segar lagi dan siap melanjutkan pekerjaan.
  • Aromaterapi. Ahli naturopati asal Amerika Serikat, Loretta Lanphier mengatakan kalau tempat kerja juga sebaiknya dilengkapi dengan aromaterapi. Aromaterapi yang dibuat dari minyak tumbuh-tumbuhan (bukan minyak sintetis) dapat menjaga daya tahan fisik dan psikis pekerja. Selain itu aromaterapi juga berpengaruh terhadap suasana hati dan mengurangi tingkat stres.
  • Mindset. Pola pikir juga dapat memengaruhi suasana hati lho, Mams. Jadi daripada terlalu banyak memikirkan berbagai kecemasan mengenai persalinan, sebaiknya Anda lebih banyak memikirkan tentang hal-hal yang membahagiakan. Seperti misalnya, sebentar lagi Si Kecil akan lahir, seperti siapakah nanti wajahnya? Atau memikirkan serunya menyiapkan kamar bayi untuk Si Kecil, dan tujuan babymoon bersama suami, akan membuat Anda lebih ‘happy’. Dengan suasana hati yang baik, tentunya Anda akan bisa bersikap ramah seperti sebelumnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares