Beauty & Style

Q&A : Pilihan Sepatu Untuk Si Betis Besar 

By  | 
Q : Dear Smart Mama, saat ini saya tengah hamil 7 bulan dan mendapati betis pada kaki mulai membengkak. Jelas saja ini menganggu penampilan, terutama saat mengenakan dress. Yang ingin saya tanya, sepatu jenis apa yang cocok saya gunakan sehari-hari? Terima kasih atas sarannya.
Keira, Mams to be.

A : Hai Mams Keira, betis yang besar memang membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Meski tengah hamil, Anda bisa tetap gaya dengan memilih jenis sepatu yang tepat khusus untuk Anda yang berbetis besar. Berikut tip nya ya, Mams.

  1. Hindari motif ramai. Anda pemilik betis besar, hal pertama yang sebaiknya dihindari adalah menggunakan sepatu dengan aplikasi atau motif terlalu ramai. Detail tersebut hanya akan membuat perhatian orang tertuju pada bentuk kaki Anda. Namun jika Anda merasa bosan dengan sepatu polos, sepatu dengan detail metal atau motif berukuran kecil bisa jadi pilihan.
  2. Proporsi. Proporsi selalu menjadi faktor penting dalam memilih sepatu. Apabila kaki Anda besar maka pakailah sepatu yang berpotongan besar. Chunky heels atau sepatu bersol tebal, seperti wedges, dapat menjadi pilihan karena desainnya membuat kaki Anda telihat seimbang. Kebanyakan sepatu bertali tidak sesuai dengan bentuk kaki besar, karena menjadikan kaki tampak lebih pendek. Namun untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih sepatu mary jane dengan ukuran tali yang lebih lebar.
  3. Pencinta boots. Anda tidak perlu ragu untuk mengenakan sepatu kesayangan Anda itu. Ankle boots bisa menjadi pilihan tanpa membuat kaki tampak pendek. Keuntungan lain dari ankle boots ini adalah dia akan tetap terlihat memukau dengan segala jenis jeans yang Anda punya.
  4. Heels cocok asal.. Anggapan yang mengatakan bahwa kaki besar tidak akan cocok memakai high heels, adalah salah. Yang diperlukan hanyalah sepatu dengan hak yang tepat. Sepatu dengan heels tebal dapat membantu Anda untuk berdiri lebih stabil dan proporsional. Berbeda dengan hak tebal, hak kecil kurang nyaman karena tidak dapat membuat tubuh Anda berdiri stabil.
  5. Nyaman paling utama. Yang terpenting adalah memilih sepatu yang nyaman dan dapat menonjolkan kelebihan serta menutupi kekurangan kaki Anda. Kuncinya, cari sepatu yang bisa membuat Anda berjalan dalam waktu lama tanpa membuat luka di kaki. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares