Mind

5 Cara Produktif untuk Menghabiskan Me Time

By  | 

‘Me time’ bagi sebagian orang adalah waktu untuk bersenang-senang atau memanjakan diri. Hal itu memang tak salah lho, Mamas. Tapi buat sebagian lain orang, ‘me time’ atau free time ini sebetulnya bisa menjadi waktu untuk melakukan hal produktif yang tidak hanya sekadar relaks tapi juga dapat bermanfaat bagi hal lain. Seperti apa saja cara produktif untuk menghabiskan ‘me time’ itu? Simak beberapa ide berikut yuk!

1. Membaca berita dunia di internet. Sebagai mama sekaligus ibu bekerja, Anda tentu harus up to date mengenai berbagai hal yang terjadi di belahan dunia. Bila Anda merasa tak punya cukup waktu menonton televisi, Anda bisa membuka situs-situs berita nasional maupun internasional melalui smart phone atau berbagai piranti digital milik Anda. Anda mungkin bisa membacanya ketika dalam perjalanan menuju atau sepulang kantor nih, Mamas.

2. Mengisi TTS (Teka Teki Silang). Mungkin Anda masih ingat ya, Mams, ketika masih sekolah dahulu, Anda kerap iseng mengisi TTS di koran atau bahkan buku khusus bersama teman-teman di jam istirahat? Nah, coba deh di waktu ‘me time’ Anda mengasah otak dengan mengisi TTS deh, Mams. Lumayan kan hitung-hitung mempertajam memori otak kita.

3. Membersihkan inbox di email. Jika Anda seorang wanita bekerja, berkomunikasi dengan rekan kerja maupun atasan tentu Anda lakukan via email bukan? Nah, pastinya inbox email Anda penuh dengan beragam pesan dari yang terpenting, penting, hingga yang mungkin tak terlalu penting untuk Anda. Dah sambil mengisi free time sehabis makan siang misalnya, Anda bisa menyortir lagi email mana saja yang masih layak ada di dalam inbox atau sudah bisa Anda masukkan dalam folder trash. Hal ini untuk memudahkan Anda ketika harus mencari data atau apa saja yang Anda perlukan berkaitan dengan pekerjaan Anda nantinya lho.

4. Memperluas jaringan (networking). Hal satu ini tak harus selalu dilakukan di luar jam kantor atau ketika Anda sedang di lapangan kok, Mams. Di sela-sela jam istirahat Anda, cobalah mengirimkan email atau broadcast whatsapp kepada rekan-rekan atau kolega Anda untuk sekadar menanyakan kabar atau membuat janji temu makan siang dengan mereka. Biar bagaimana pun, networking merupakan salah satu hal yang memang diperlukan oleh wanita karier seperti kita ya.

5. Mendapat penghasilan tambahan. Siapa sih yang tak ingin mendapatkan penghasilan tambahan ya, Mams? Nah, jika Anda merasa rasanya sulit mewujudkan hal ini, namun sebetulnya tidak juga kok. Tak usah berpikir yang terlalu jauh kok, Anda bisa memperoleh ‘uang jajan’ di sela ‘me time’ Anda. Misalnya dengan mengumpulkan baju, sepatu, atau tas milik Anda, suami, dan Si Kecil yang masih layak pakai untuk dijual dengan harga murah melalui sosial media seperti Instagram atau Facebook Anda. Atau Anda juga bisa ‘titip jual’ dengan teman atau kerabat yang mungkin memiliki online shop atau sosial media yang sudah memiliki pelanggan tersendiri. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares