Mind

Q&A: Tanda Anda Sedang Stres

By  | 

Q: Akhir-akhir ini saya mudah lupa dan juga sulit tidur. Seorang rekan mengatakan bahwa itu tanda-tanda saya sedang stres. Memang sih, pekerjaan di kantor sedang menumpuk, namun saya merasa kalau saat ini saya sedang kelelahan saja. Sebenarnya, apa sih tanda-tanda seseorang mengalami stres?

Disty, 27 tahun, mama dari Rudra, 2 tahun

A: Tanpa disadari, seringkali kesibukan dan rutinitas padat membuat kita mengabaikan kesehatan. Diawali dengan pola makan tak teratur, hingga istirahat yang kurang. Belum lagi tugas sebagai istri dan ibu yang sudah menunggu setibanya di rumah. Kalau sudah begini, kita jadi sering tak peka dengan kondisi tubuh dan pikiran kita sendiri. Nah Mams, sebenarnya ada sejumlah tanda yang menunjukkan kalau sebenarnya Anda sedang alami stres berat. Jangan pernah mengabaikan dan menyepelekan tanda-tanda ini begitu saja, Mamas. Karena mengabaikannya dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Berikut tanda-tanda yang bisa Anda kenali dari gejala stres yang mungkin Anda derita.

  1.  Pelupa. Saat stres, biasanya pikiran akan dipenuhi banyak hal. Banyaknya hal yang ada di dalam pikiran ini, membuat Anda jadi sulit untuk fokus dan konsentrasi. Akibatnya, Anda jadi pelupa. Bahkan hal-hal kecil pun jadi susah diingat, seperti lupa menaruh dompet atau kunci rumah.
  2.  Mudah tersinggung. Menurut Lucie Hemmen, Ph.D, psikolog dari Santa Cruz – California, saat stres, maka bagian batang otak mengambil alih. Hal ini yang kemudian membuat Anda jadi mudah tersinggung. Anda juga jadi lebih sensitif yang kemudian mudah menangis, marah, dan emosi hanya karena hal-hal kecil. Bila mengalami ini, bisa dipastikan Anda memang sedang mengalami stres berat, Mamas.
  3.  Mencari pelampiasan. Seseorang yang stres juga kerap mencari pelampiasan. Bagi wanita, biasanya pelampiasan ini bisa ke makanan, belanja, mengurung diri, dan hal negatif lainnya.
  4.  Perubahan pola makan. Pola makan bisa jadi salah satu tanda mengenali apakah  seseorang tengah stres atau tidak. Perubahan pola makan bisa ditandai dengan seseorang yang kemudian tidak mau makan, mengurangi porsi makan, atau malah sebaliknya, makan jauh lebih banyak dari biasanya.
  5.  Sulit tidur. Walau tubuh rasanya sangat lelah, namun Anda tetap sulit tertidur. Ada banyak hal yang ada di pikiran Anda. Hal inilah yang kemudian membuat Anda jadi mudah terserang insomnia.
  6.  Tubuh terasa sangat lelah. Anda sudah merasa tidur cukup, tapi saat terbangun di pagi hari tubuh masih terasa lelah. Hmm… ini juga salah satu tanda Anda mengalami stres berat, Mams. Pakar kesehatan dari Cleveland Clinic’s Wellness Institute, Jane Pernotto Ehrman, M. Ed. memaparkan, stres itu sangat menguras tenaga karena diam-diam membuat semua sistem tubuh bekerja lebih keras dari biasa. Jadi meski Anda sudah istirahat cukup, tubuh akan tetap terasa letih seperti habis bekerja keras.
  7.  Suka menunda. Anda jadi malas beraktivitas dan suka menunda suatu pekerjaan. Baru mulai bergerak ketika waktu sudah mepet atau bahkan terlambat, adalah salah satu tanda dari stres juga lho, Mamas.
  8.  Rasa percaya diri menurun. Anda jadi merasa rendah diri dan tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu.
  9. Mudah sekali jatuh sakit. menurut penelitian, kekebalan tubuh akan menurun hingga sekitar 30 persen ketika kita stres. Akibatnya, Anda jadi mudah sakit dan cenderung pulih lebih lama.

Saat mengalami hal-hal diatas tadi, maka sudah tentu Anda sedang mengalami stres. Cari tahu apa penyebabnya dan segera temukan solusinya. Bila Anda bingung, ‘curhat’ dengan orang terdekat bisa jadi pilihan. Atau, mungkin saja Anda hanya perlu mengambil cuti dan pergi berlibur! (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares