Beauty & Style

Q & A : Merawat Luka Paska Operasi Caesar

By  | 
Q : Saya baru saja melahirkan lewat operasi Caesar beberapa waktu lalu. Yang ingin saya tanya, bagaimana merawat luka bekas jahitan agar tidak mengalami infeksi?
Aletta, 32 tahun, mama dari Kinnar, 2 minggu

A : Terjadinya infeksi di area jahitan bekas operasi Caesar ,memang cukup menganggu ya. Oleh sebab itu, perawatan luka jahitan yang benar sangat diperlukan agar terhindar dari infeksi yang bisa memperlama proses penyembuhan. Yuk ikuti tip berikut ini.

  • Anda harus menghindari jahitan operasi dari air. Jahitan operasi Caesar biasanya akan dicabut dalam 4 sampai 6 hari paska operasi, setelah masa pencabutan ini, proses pemulihan akan berjalan secara bertahap. Selama masa ini, usahakan untuk tak membasuh luka dengan air untuk mencegah bakteri masuk.
  • Selain melindungi luka jahitan dari air, Anda juga harus membersihkan luka jahitan setidaknya dua kali dalam sehari. Caranya, basahi sebatang cotton bud dengan setetes cairan antibiotik yang telah diresepkan dokter, lalu usapkan perlahan dan merata ke area luka jahitan dan tunggu sampai kering sebelum menutupnya kembali dengan perban.
  • Untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan operasi Caesar, konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan gandum utuh, seperti sereal dan roti gandum untuk sarapan. Untuk makan siang, perbanyak makanan yang mengandung protein dan beta karoten. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares