Health

7 Alasan Anda Tak Perlu Khawatir Kala Hamil dan Paska Melahirkan

By  | 

Mamas to be, kehamilan memang sebuah anugerah yang harus dijaga. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir bahkan ketakutan sesuatu akan terjadi baik pada kehamilan maupun pada janin Anda. Menurut para pakar kesehatan, ini tujuh alasan Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut.

  1. Keguguran terjadi kurang dari 20% dari semua kasus kehamilan. Menurut  dr. Karyn Morse dari rumah sakit Cedar Sinai Los Angeles, kebanyakan kasus keguguran terjadi saat trimester awal. Biasanya karena wanita tersebut tak menyadari ia hamil. Setelah detak jantungnya tampak, maka risiko keguguran berkurang menjadi 5%. Dan berdasarkan data yang dimilikinya, sebagian besar kasus kehamilan lahir selamat dan lancar. Jadi jangan terlalu khawatir ya Mams.
  2. Janin akan baik-baik saja meski Anda morning sickness hebat. Morning sickness memang cukup mengganggu dan kerap membuat Anda menguras perut akibat muntah. Namun ternyata janin ibarat parasit, ia dapat menyerap nutrisi sekecil apapun bahkan jika Anda hanya makan biskuit dan jus saja lho. Selain itu, vitamin yang Anda konsumsi juga dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan. Jika Anda sangat khawatir dengan nutrisi, ada baiknya sering mengonsumsi makanan sehat dengan porsi kecil. Hal tersebut akan mengurangi risiko muntah.
  3. Risiko bayi lahir cacat hanya 4%. Memang sih siapapun bisa menjadi salah satu dari 4% tersebut. Namun angka tersebut dapat menjadi alasan Anda tak perlu khawatir terlalu jauh kan Mams. Ternyata sangat sedikit bayi yang dilahirkan cacat atau abnormal. Cara terbaik hindari hal tersebut adalah dengan rajin minum vitamin agar perkembangannya tumbuh sempurna. Nah jika Anda memiliki riwayat keluarga yang cacat atau memiliki kelainan sebaiknya sejak awal sudah dibicarakan.
  4. Risiko wanita hamil terkena preeklamsia hanya 5-8%. Dan biasanya terjadi pada kehamilan sangat muda di bawah 18 tahun atau di atas 35 tahun. Hal ini kerap terjadi di trimester akhir, namun dapat diatasi dengan diet sesuai anjuran dokter, serta bersiap melahirkan dengan operasi Caesar.
  5. Bayi dapat lahir normal meski bukan di rumah sakit. Banyak juga mamas to be yang khawatir tidak sampai on time di rumah sakit.And the good news is banyak bayi yang lahir selamat kok Mams meski bukan di rumah sakit. Bahkan di tempat yang tidak biasa misalnya mobil atau restoran. Pada dasarnya, setiap wanita berkemampuan melahirkan sendiri kok Mams. Namun untuk mengurangi kepanikan Anda memang sebaiknya Anda mempelajari tanda-tanda akan segera melahirkan (baca: 5 Tanda Anda Akan Segera Melahirkan).
  6. Berat badan dan bentuk tubuh dapat kembali normal. Yang satu ini juga menjadi kekhawatiran mamas to be. Namun ternyata sebantak 14-20% mama dapat mendapatkan kembali tubuh idealnya. Tentu saja harus diusahakan ya Mams, jaga pola makan juga lakukan olahraga light teratur, serta menyusui.
  7. Seks paska melahirkan tetap super hot! Memang sulit sih membayangkan Miss V Anda dapat kembali seperti semual paska kelahiran Si Kecil. Tetapi nyatanya vagina Anda elastis kok. Dan beberapa saat setelah kelahiran Si Bayi, libido Anda akan kembali seperti semula. Mulanya mungkin Anda merasa tidak nyaman tetapi lama kelamaan Anda akan menikmatinya seperti dulu atau malah lebih hot. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares