Health

Bolehkah Orang Lain Mencium Bayi Anda?

By  | 

Bayi yang baru lahir memang sangat menggemaskan ya. Tak heran kehadirannya sangat mencuri perhatian dan membuat keluarga besar juga kerabat ingin melihat dan menyentuh bayi Anda. Bahkan beberapa anggota keluarga maupun teman dekat ingin mencium Si Bayu yang sedang lucu-lucunya. Tetapi Mams, apakah hal tersebut aman bagi kesehatan Si Kecil? Ternyata, hal tersebut dapat membahayakan bahkan mengancam nyawa Si Bayi seperti yang dialami Clare Henderson, seorang mama asal Doncaster Inggris, simak kisahnya.

Tahun 2015 lalu, Clare baru saja melahirkan seorang bayi perempuan bernama Brooke, dan para kerabat mengunjungi ia dan bayinya. Di antara para pengunjung, tidak ada satupun yang tampak sakit, jadi Clare mengizinkan mereka untuk menyentuh bahkan mencium Sang Bayi. Namun suatu hari saat akan menyusui, Clare menemukan bibir Brooke bengkak serta luka. Saat itu juga ia langsung membawa bayinya ke rumah sakit. Dan ternyata dokter menemukan Brooke menderita penyakit herpes (HSV-1) yang menular melalui air liur.

Meski herpes seringkali terjadi pada orang dewasa, ternyata pada bayi di bawah usia tiga bulan, penyakit tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada liver dan otak. Untung saja, Clare segera membawa Brooke ke rumah sakit sehingga ia langsung mendapatkan perawatan intensif dan terhindar dari risiko fatal tersebut. Berkaca dari peristiwa yang dialami Clare, jangan biarkan orang lain mencium bayi Anda ya Mams karena ternyata 85% dari populasi manusia membawa virus penyebab herpes. Tak perlu merasa tidak enak ya Mams, Anda dapat berbicara baik-baik pada keluarga besar maupun kerabat bahwa mencium bayi baru lahir dapat mengancam kesehatanya, pasti mereka mau mengerti. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares