Career

Waspadai Si Pengadu di Kantor Anda

By  | 

Tadinya Anda bekerja dengan tenang tanpa gangguan, namun tiba-tiba atasan kerap sewot terhadap Anda. Belum lagi Anda bingung kok atasan bisa tahu ya segala aktivitas maupun ucapan Anda tentang apapun juga di kantor. Hmmm…jika situasi ini tengah Anda alami, berhati-hatilah Mamas, karena bisa jadi rekan kerja Anda adalah seorang pengadu. Kalau pengaduan yang diberikan sesuai kenyataan mungkin masih bisa dimaafkan ya, tetapi jika ditambahi bumbu hingga nama Anda sangat jelek di mata atasan tentu saja jadi masalah besar. Untuk mengatasinya, yuk lakukan hal berikut.

  • Tidak perlu terlalu banyak bicara di kantor. Anda tentu sudah memiliki perkiraan siapa yang suka mengadu di antara rekan kerja bukan? Nah jika ia ada di dekat Anda sebaiknya Anda tidak perlu banyak berbicara tentang apapun. Apalagi mengeluh tentang pekerjaan atau atasan Anda. Sudah pasti ucapan Anda akan sampai di telinga Si Bos berikut dengan tambahan cerita dramatis yang makin menyudutkan Anda.
  • Jika terbukti, langsung saja berbicara dengannya. Bisa jadi kan atasan Anda keceplosan menyebut nama Si Pengadu kala ia tengah emosi dengan Anda. Segera datangi rekan kerja tersebut dan tanyakan maksud dan tujuannya mengadu. Beri sedikit peringatan secara halus padanya ya, Mams.
  • Tetap bekerja maksimal. Apapun pengaduannya jika kinerja Anda menghasilkan sesuatu yang baik untuk perusahaan, tentu lama kelamaan atasan Anda akan melihat bukti nyata dari pekerjaan Anda.
  • Segera cari pekerjaan lain jika..Nah Anda perlu mencari pekerjaan lain apabila ternyata Si Pengadu memiliki kedekatan khusus dengan atasan sehingga atasan Anda tak melakukan kroscek perihal isi pengaduannya dan sudah pasti jadi berat sebelah. Kalau sudah begini, ada baiknya Anda melamar di perusahaan yang lebih profesional. Bagaimanapun juga mengadu bukanlah sesuatu yang terpuji dan atasan yang percaya dengan pengadu, sudah pasti tak profesional. Tapi ingat Mams, say goodbye nicely ya! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares