Health

Makanan Terbaik Saat Demam

By  | 

Cuaca yang masih belum stabil seperti belakangan ini memang membuat kita jadi rentan sakit ya, Mams. Bila daya tahan tubuh sedang rendah, maka Anda akan lebih mudah terkena penyakit seperti demam, batuk, atau flu. Nah ketika suhu tubuh sedang meningkat, memang sebaiknya Anda tak perlu buru-buru mengonsumsi antibiotik seperti parasetamol ya. Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang baik disantap ketika tubuh demam, antara lain:

1. Cairan.Ketika suhu tubuh lebih panas dari biasanya, maka Anda harus minum segelas air atau segelas jus jeruk setiap tiga jam sekali. Jus jeruk tak hanya merupakan sumber energi yang baik, tapi juga kaya akan vitamin C dan bisa meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

2. Sup ayam.Menurut The Mayo Clinic, sup ayam merupakan makanan yang tepat untuk mengatasi hidung tersumbat berikut gejala flu lain seperti demam. Campuran bahan dari sup ayam seperti sayuran kentang, wortel, kol, dan buncis merupakan sumber antioksidan yang bisa memperbaiki sistem imun tubuh. Selain itu protein di dalam sup ayam mampu mempercepat proses penyembuhan Anda dari demam.

3. Makanan probiotik.Termasuk di dalamnya yogurt, produk kedelai yang difermentasi, hingga buttermilk. Makanan tersebut mengandung bakteri baik yang secara efektif dapat membantu melawan penyakit demam dan juga batuk.

4. Makanan lunak.Kadang kala demam yang timbul seringkali disertai dengan rasa tak nyaman di tenggorokan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan lunak atau lembek seperti bubur ayam, sayuran kukus, telur rebus, dan yogurt sangatlah dianjurkan nih, Mams. Makanan tersebut mudah dicerna dan memberikan tubuh Anda energi yang cukup di masa pemulihan paska demam.

5. Teh jahe. Secangkir teh jahe mampu memberikan kehangatan pada tubuh yang sedang tidak fit. Ini karena jahe memiliki zat anti peradangan yang bisa membantu menurunkan suhu ketika awal demam Anda muncul.

6. Buah segar. Ketika Anda demam jangan minum jus kemasan yang diolah dengan bahan pengawet ya karena justru ini bisa memperlambat proses penyembuhan. Konsumsi buah segar seperti apel, pir, anggur, kiwi, jeruk, nanas, dan aneka buah bervitamin lain akan mempercepat penurunan suhu tubuh Anda lho, Mamas. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares