Health

  Ini Alasan Mengapa Pisang Baik untuk Calon Mama

By  | 

Salah satu buah yang hampir selalu ada di meja makan adalah pisang. Apakah di rumah Anda juga demikian, Mams? Dan apakah kebiasaan makan pisang ini masih sering Anda lakukan? Jika ya, apa yang sudah Anda lakukan ini sudah baik, terlebih bila Anda tengah mengandung. Pasalnya banyak manfaat dari buah berkulit kuning atau hijau ini lho bagi kesehatan kehamilan Anda, antara lain:

– Pisang merupakan sumber potasium yang bisa menjaga kadar gula darah tetap di level normal, di mana hal ini sangat penting dalam kehamilan. Pisang apapun jenisnya, juga penting untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Sebuah pisang ukuran sedang mengandung 350 mg potasium, atau sudah memenuhi 12 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang direkomendasi per hari.

– Dari semua jenis buah, pisang adalah sumber vitamin B6 terbaik. Sebuah pisang ukuran besar mampu memenuhi AKG vitamin B6 hingga 50 persen. Vitamin ini membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

– Buah satu ini juga kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan tersebut mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang bisa memicu kanker, penyakit jantung, juga penuaan dini. Vitamin C ini juga krusial untuk kehamilan karena bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sebuah pisang ukuran sedang memiliki kandungan 10 mg vitamin C yang sudah memenuhi 25 persen AKG per hari.  –

– Serat juga merupakan nutrisi yang diperlukan guna mencegah konstipasi yang sering terjadi pada calon mama. Sebuah pisang ukuran sedang mengandung 2,3 gr serat atau 10 persen dari AKG yang diperlukan calon mama per hari.

Tip Mengolah Pisang

Jika Anda bosan mengonsumsi pisang dengan dimakan langsung, ide berikut mungkin bisa dicoba ya, Mamas to be.

1. Dijadikan pisang bakar atau panggang. Bakar pisang bersama kulitnya dan angkat ketika warna kulitnya sudah kecokelatan. Jika ingin menambahkan kenikmatan rasanya Anda bisa menambahkan selai cokelat atau memarut keju di atasnya. Jadikan sebagai camilan untuk menemani ‘me time’ Anda.

2. Dicampur dengan es krim. Kupas sebuah pisang ukuran sedang lalu letakkan dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan dua scoop es krim rasa favorit Anda ke atas pisang dan nikmati saat hari panas. Lezat sekali.

3. Dijadikan smoothies atau campuran salad buah. Pisang juga bisa dijadikan menu sarapan sehat lho Mamas. Misalnya mencampurnya dengan yogurt dan stroberi lalu diblender dengan sedikit es batu. Atau potong-potong dan campurkan dalam mangkuk salad buah Anda. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares