Mind

Hindari Sikap ini Agar Tak Mudah Gagal

By  | 

Untuk sukses, banyak hal yang harus jadi pendukungnya. Doa, kerja keras, dan pantang  menyerah adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda, Mams. Namun bila Anda sudah mengerahkan segala daya dan upaya yang dimiliki tapi masih juga menemui kegagalan berulang kali, maka daripada menyalahkan orang lain atas kegagalan Anda, yuk kita introspeksi dahulu diri kita. Tak jarang, sikap dari dalam diri kita sendirilah yang menjadi penyebab kegagalan dalam menggapai target yang diinginkan. Nah, berikut ini merupakan beberapa sikap yang dapat menghambat kesuksesan Anda.

1. Tidak berbakat. Bakat memang diberikan Tuhan. Namun bukan berarti kemudian Anda boleh menganggap bahwa Anda tidak mampu melakukan sesuatu sebelum mencobanya. Sikap pesimis ini hanya akan membuat kepercayaan diri dan mental jatuh sebelum berusaha. Ubahlah sifat pesimis Anda menjadi optimis. Terkadang Anda hanya butuh ketekunan untuk bisa sukses.

2. Takdir. Jangan berpikir bahwa apapun yang dikerjakan hasilnya sudah ditentukan takdir. Pola pikir seperti ini hanya akan membuat Anda jadi kurang bekerja keras.  Dengan berpikir bahwa semuanya sudah ditetapkan sejak awal, maka Anda malah jadi kurang bekerja keras. Padahal, untuk menggapai kesuksesan dibutuhkan kerja keras dan pantang menyerah. Jadi seandainya tetap saja gagal, setidaknya Anda sudah berusaha.

3. Ekspektasi terlalu tinggi. Buatlah target yang masuk akal yang masih bisa Anda capai. Ekspektasi terlalu tinggi hanya akan mengecewakan Anda bila kemudian Anda gagal.

4. Tanpa pertimbangan. Nekat boleh saja, namun tentunya harus dengan pertimbangan matang. Terlalu cuek dan tidak mempertimbangkan risiko yang ada dapat membahayakan Anda sendiri lho, Mamas. Karena saat terjadi hal tidak diinginkan, Anda tidak memiliki rencana pencegahan. Untuk itu sebelum mengambil langkah atau keputusan dalam karier dan hidup Anda, pikirkan terlebih dahulu  berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi.  (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares