Health

4 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Si Kecil

By  | 

Kulit anak balita memang masih sangat halus dan bercahaya ya, Mams. Namun demikian, kulit anak juga cenderung masih sensitif dan mudah terserang berbagai penyakit kulit. Namun, agar kesehatan kulitnya tetap terjaga, lakukan empat cara berikut ya.

  1. Pilih toiletries tepat. Pastikan sabun mandi yang Anda gunakan untuk Si Kecil bebas pewangi serta minim zat kimia penyebab iritasi kulit. Bila perlu beli sabun mandi yang organik saja ya.
  2. Gunakan pelindung matahari. Paparan sinar matahari tentu saja dapat menganggu kesehatan kulit anak. Oleh karena itu pastikan Si Kecil menggunakan sunblock khusus anak setiap kali beraktivitas di luar ruangan agar kulitnya senantiasa terlindung dari sinar ultra violet.
  3. Jika sudah cukup umur, biasakan anak mandi air dingin. Mandi air hangat dapat menyebabkan kulit jadi lebih kering dan berisiko iritasi. Sementara air dingin justru dapat melembapkan kulit Si Kecil. Oleh karena itu, jika ia sudah cukup besar, bukan bayi lagi, biasakanlah mandi air dingin.
  4. Gunakan mosquito repellent serta pelembap. Kulit Si Kecil juga kerap terganggu akibat gigitan serangga. Kini banyak pilihan mosquito repellent baik yang dioles maupun yang ditempel di pakaian Si Kecil. Selain itu, sebaiknya anak menggunakan losion khusus sebelum beraktivitas juga sebelum tidur agar kelembapannya senantiasa terjaga. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares