Parenting

4 Cara Merencanakan Playdate Pertama Si Kecil

By  | 

Dewasa ini playdate memang menjadi salah satu sarana bagi anak, khususnya balita untuk bersosialisasi dengan teman sebaya. Pasalnya, kini jarang sekali pasangan yang memiliki anak banyak sehingga Si Kecil seringkali sendirian di rumah. Oleh karena itu sejak batita, biasanya anak sudah dibiasakan untuk janji temu dengan anak kerabat atau saudara. Nah jika ini pertama kalinya Si Kecil playdate, sebaiknya direncanakan terlebih dahulu dengan cara berikut.

  1. Pastikan anak yang bergabung dalam playdate tidak terlalu banyak. Dua atau tiga orang sudah cukup karena Si Kecil pasti akan merasa tak nyaman jika first playdate-nya terlalu ramai. Oleh karena itu batasi jumlah anak yang ikut playdate ya Mams.
  2. Batasi waktu playdate. Untuk playdate pertamanya, Si Kecil tidak perlu dipaksa bermain dalam waktu lama. Batasi waktu 2-3 jam saja, yang penting ia sudah mengetahui makna berteman. Asalkan setelahnya Anda sering mengajaknya playdate, lama kelamaan mungkin justru ia yang tidak mau pulang lho.
  3. Tentukan tempat nyaman. Sebenarnya tempat yang paling baik adalah rumah Anda sendiri atau rumah kerabat. Playdate di rumah lebih nyaman serta memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan. Misalnya apabila ia mengantuk ada kamar yang tersedia.
  4. Jangan tinggalkan Si Kecil sampai ia merasa nyaman. Mungkin saja Anda ingin ia segera mandiri dan bersosialisasi dengan mudah dengan teman sebayanya. Namun nyatanya, memaksa atau meninggalkan ia seorang diri tanpa persetujuannya justru akan membuatnya trauma. Bersabar ya Mams hingga ia merasa nyaman. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares