Mind

Manfaat Me Time dengan Melukis

By  | 

Tak semua orang dianugerahi kemampuan atau bakat melukis. Padahal melukis bisa salah satu sarana ‘me time’ yang bisa jadi alternatif pilihan untuk Anda lho, Mamas. Mencampurkan warna-warna dalam sebuah wadah lalu menyapukannya di atas kanvas sekalipun Anda merasa tak bisa melukis, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun mental Anda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan konsentrasi otak. Ketika Anda berjam-jam berkutat di depan kanvas lalu menyapukan kuas ke segala arah, secara tidak langsung hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda lho. Misalnya ketika Anda membentuk sebuah pohon, maka Anda akan fokus di satu gambar pohon itu, mulai dari menggambar batang, daun, akar, hingga buahnya dalam berbagai warna berbeda.

2. Meningkatkan rasa percaya diri. Banyak cara memumpuk rasa percaya diri, bahkan orang dewasa sekalipun perlu meningkatkan rasa percaya dirinya. Bila Anda merasa sedang tak pede, cobalah untuk melukis. Mungkin Anda akan terkejut sendiri melihat hasil karya Anda yang ternyata bagus. Bukan tidak mungkin nantinya Anda bisa menekuni pekerjaan sebagai pelukis sebagai side job atau main job yang menghasilkan ya, Mams.

3. Belajar multitasking. Sebagai seorang mama, Anda memang dituntut multitasking ya, Mamas. Nah, jika Anda merasa kemampuan multitasking Anda belum ‘mumpuni’, mengapa tidak coba mengasahnya dengan melukis? Memegang kuas, cat minyak, dan juga kadang memegangi kanvas sambil menggambar apa yang ada dalam pikiran Anda secara bersamaan bisa juga menjadi sarana bagi Anda untuk latihan ber-multitasking.

4. Membuang stres. Anda tentu juga tahu bahwa melakukan hobi atau sesuatu yang Anda senangi bisa membantu kita membuang stres. Tapi melakukan hobi baru, khususnya bagi Anda yang belum pernah mencoba melukis, ternyata juga bisa mengenyahkan stres yang rawan dialami para mamas seperti kita lho.

5. Membuka peluang pertemanan baru. Jika Anda ingin serius mencoba menjadikan melukis sebagai ‘me time’ berkualitas Anda nantinya, tak ada salahnya Anda mendaftarkan diri untuk kursus melukis, tentunya jika ada dana lebih ya, Mamas. Bertemu teman dan lingkungan baru di les melukis ini tak hanya membuat Anda bisa berkenalan secara pribadi, tetapi mungkin saja bisa memperluas networking yang mungkin bisa berpengaruh positif pada karier Anda.

6. Mempertajam kreativitas. Sebagai salah satu bidang seni, melukis juga bisa menjadi alat untuk mempertajam kreativitas Anda. Seperti yang mungkin Anda ketahui, kreativitas juga merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam dunia kerja. Orang yang kreatif biasanya lebih disukai oleh atasan dalam sebuah perusahaan dibandingkan Anda yang kurang kreatif, terlebih untuk profesi tertentu seperti designer grafis, perancang busana, atau pekerja agency.

7. Meningkatkan energi positif. Percaya atau tidak, memandangi lukisan atau gambar yang kita buat sendiri ternyata bisa membuat pikiran jadi positif lho. Perpaduan warna-warna cantik serta bentuk-bentuk indah dari hasil lukisan kita sendiri bisa membuat Anda bangga pada diri sendiri. Dengan sendirinya energi positif dalam tubuh pun ikut naik lho, Mams! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares