Education

7 Hal yang Dapat Dipelajari Anak dari Belanja Grocery

By  | 

Mamas, tak ada salahnya mengajak Si Kecil berbelanja kebutuhan sehari-hari baik ke supermarket maupun ke pasar tradisional lho. Karena ternyata grocery shopping sangat bermanfaat bagi Si Kecil sebagai sarana untuk belajar. Apa saja yang dapat dipelajari Si Balita saat berbelanja? Yuk simak!

  1. Berhitung. Saat berbelanja, produk yang Anda pilih tentu beragam dengan kuantitas berbeda. Nah hal ini adalah kesempatan mengajari Si Kecil berhitung. Misalnya saat Anda mengambil susu miliknya minta ia ikut berhitung sampai dengan jumlah yang diinginkan.
  2. Spelling. Jika Si Kecil sedang belajar membaca, berbelanja juga dapat menjadi sarana belajar baginya. Ajak ia mengenal huruf melalui produk-produk yang Anda beli. Agar lebih challenging, minta ia mencari barang yang Anda butuhkan.
  3. Inisiatif. Berbelanja juga dapat menstimulasi kebiasaan berinisiatif. Ajak ia ikut memilih berbagai produk kebutuhan dirinya sendiri maupun kebutuhan sehari-hari keluarga Anda.
  4. Direction. Saat berbelanja di pasar atau supermarket, Anda akan mencari letak barang-barang yang dibutuhkan dari lorong satu ke lorong lain, atau dari toko satu ke toko lain. Ini kesempatan bagi Si Kecil mempelajari petunjuk atau arah.
  5. Tanggung jawab. Sebelum berbelanja minta bantuan Si Kecil ikut melihat kebutuhan apa saja yang sudah habis, yang tinggal sedikit, dan yang masih banyak stoknya. Jadikan ia sebagai pengingat Anda sehingga rasa tanggung jawabnya akan tumbuh.
  6. Mengenal produk. Rutin berbelanja akan membuat Si Kecil hafal apa saja barang-barang yang dibutuhkan dalam sebuah rumah tangga berikut fungsinya. Hal ini sangat berguna saat ia dewasa nanti lho Mams.
  7. Mengenal uang dan berhemat. Yang satu ini juga penting, berbelanja membuat anak mengenal fungsi uang, belajar tentang harga, dan membandingkannya. Sebagai seorang mama, biasanya Anda cermat dalam memilih produk berkualitas berharga miring, serta cenderung membandingkan harga terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Tanpa disadari Si Kecil akan mempelajari hal tersebut. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares