Health

5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi

By  | 

Mamas penyebab darah tinggi memang terkadang sulit terdeteksi. Susahnya lagi penyakit yang juga disebut hipertensi ini kerap datang tiba-tiba tanpa ada ‘warning’ sebelumnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenali penyebabnya sehingga dapat terhindar dari serangan yang juga dapat berakibat fatal seperti penyakit jantung dan stroke tersebut.

  1. Faktor genetik. Yang satu ini memang sulit dihindari ya Mams. Jika Anda memang memiliki riwayat keluarga hipertensi maka ada baiknya Anda rajin memeriksa tekanan darah Anda dan menerapkan pola hidup sehat.
  2. Pertambahan usia. Hal ini juga kerap terjadi seiring pertambahan usia.
  3. Stres. Yang satu ini juga kerap menjadi pemicu tensi Anda naik bahkan secara signifikan. Perbanyak meditasi dan berpikir positif ya, Mams.
  4. Obesitas. Berat badan yang melonjak juga dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat. Jaga pola makan dengan benar ya Mams.
  5. Kurang olahraga. Jangan remehkan hal satu ini ya. Mulailah olahraga teratur karena ternyata kurang bergerak juga dapat jadi penyebab naiknya tekanan darah. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares