Health

6 Khasiat Jus Jeruk Nipis untuk Calon Mama

By  | 

Kehamilan adalah masa yang penuh sukacita bukan, Mamas to be? Apapun yang Anda lakukan akan berpengaruh pada Si Janin. Demikian pula dengan segala jenis makanan dan minuman yang diasup dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, usahakan selalu mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh Anda berdua. Buah jeruk nipis ternyata merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik untuk para calon mama dan terbukti aman kok asal dikonsumsi secara tak berlebihan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Sumber vitamin C. Buah berasa asam seperti jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang tinggi, yang memang diperlukan tubuh setiap hari.

2. Mengobati konstipasi. Sembelit alias susah buang air merupakan masalah klasik yang lazim terjadi pada calon mama. Nah ternyata konsumsi jus jeruk nipis secara rutin bisa membantu pergerakan usus sehingga melancarkan percernaan Anda, Mams to be.

3. Antioksidan alami. Jus jeruk nipis merupakan sumber antioksidan alami yang baik menjaga tubuh Anda dari penyakit pancaroba seperti influenza atau diare.
   
4. Membantu pertumbuhan tulang Si Janin. Tak hanya untuk Anda, jus jeruk nipis juga ternyata baik untuk calon bayi dalam kandungan Anda. Kadar potasium yang tinggi dalam jerul nipis bisa membantu membentuk tulang Si Janin dan juga membantu dalam perkembangan sel dan otak bayi.

5. Menurunkan tekanan darah.
Seperti yang Anda ketahui, preeklamsia atau tekanan darah tinggi saat hamil rentan terjadi pada wanita hamil. Oleh karena itu usahakan untuk memiliki tensi darah yang normal dengan mencoba ramuan berikut. Peras setengah buah jeruk nipis ke dalam segelas air lalu tambahkan dua sendok makan cream of tartar, kemudian minumlah tiga hari sekali.

6. Mengatasi kaki bengkak
. Edema atau kaki bengkak tak hanya membuat Anda tak nyaman tapi juga menjadikan penampilan Anda jadi kurang cantik, bukan? Nah solusinya adalah campuran sesendok teh air jeruk nipis dengan segelas air hangat suam-suam kuku untuk mengatasi edema saat hamil. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares