Relationship

Happily Ever After, Mungkinkah?

By  | 

Di tengah maraknya perceraian belakangan ini membuat banyak orang sangsi apakah ada pasangan yang hidup bahagia selamanya? Ditambah lagi kini banyak pasangan yang kerap ‘perang dingin’ atau terlalu sibuk mengurus diri masing-masing. Tetapi jangan pesimis dulu ya Mams, asalkan mau berusaha, hidup bahagia bersama pasangan hingga akhir hayat bisa dilakukan kok.

Pertama-tama tentu saja Anda berdua harus menjaga komunikasi. Yang satu ini sangat penting dan hal mendasar dalam sebuah pernikahan. Tanpa komunikasi tentu saja hubungan suami istri menjadi jauh dan dingin. Usahakan selalu memberi kabar pada pasangan dan meminta pendapat tentang segala hal padanya. Hal ini menjadikan Anda berdua tim solid dan saling membutuhkan. Yang juga tak kalah penting adalah selalu meluangkan waktu berdua serta saling menghargai dan menjaga keintiman.

Tim Tatadana dan para pembicara

Tim Tatadana dan para pembicara

Namun selain semua hal tersebut, ternyata penyebab perceraian tertinggi di Indonesia adalah masalah finansial. Oleh karena itu, Minggu, 21 Februari 2016 lalu, Tatadana, sebuah konsultan perencanaan keuangan yang independen berinisiatif mengadakan talk show seputar masalah finansial dalam rumah tangga. Dalam acara yang dihadiri pakar keuangan dan pernikahan yaitu Ade Novita SH, Founder AN Partnership, Anna Surti Ariani M.Psi, seorang psikolog yang juga marriage counselor, serta Tejasari Asad, CFP, Konsultan keuangan yang juga Founder Tatadana, mengajak para pasangan lebih detail dalam mengatur keuangan keluarga. Bila perlu sebelum menikah para calon suami istri sudah membuat sebuah perjanjian pra-nikah.

Diskusi seputar masalah finansial dalam keluarga.

Diskusi seputar masalah finansial dalam keluarga.

Acara yang diadakan di Dia.lo.gue Artspace and Coffee Kemang ini juga membahas cara menyusun post-nup jika sebelumnya pasangan suami istri tak memiliki perjanjian pra-nikah, sehingga masing-masing pihak mengetahui hak dan kewajibannya serta transparan satu sama lain. Tak hanya itu, acara yang dipandu moderator, Ayoe Sutomo, S.Psi ini juga membahas mengenai pemisahan harta gono gini jika ternyata perceraian harus terjadi. Sangat bermanfaat dan inspiratif ya Mams. Yuk mulai sekarang perhatikan dengan cermat masalah finansial dalam rumah tangga guna menjaga keharmonisan hubungan Anda dan pasangan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares