Beauty & Style

Q&A : Cara Merawat Kuku Selama Hamil

By  | 

Q : Selama hamil saya mengalami banyak perubahan, salah satunya perubahan kuku. Bagaimana caranya agar kuku tetap terawat dan sehat?
Tania, 30 tahun, hamil 6 bulan

A : Meski hamil Anda tetap bisa menjaga kesehatan kuku kok. Anda bisa merawat kuku agar terlihat mengilap dengan menggunakan bahan alami yang dapat melembutkan dan membuat kuku lebih halus. Anda juga melakukan perawatan di rumah agar lebih menghemat waktu dan biaya. Jangan lupa sediakan peralatannya terlebih dulu, dan lakukan langkah-langkah berikut:

1. Jika Anda menggunakan cat kuku, bersihkan terlebih dahulu seluruh permukaannya dengan pembersih tanpa alkohol agar tak membahayakan kehamilan. Cuci kedua tangan dengan sabun dan keringkan.

2. Gunting kuku bentuk oval atau rata. Kikir satu arah, dari setiap sisi ke bagian tengah kuku. Jangan maju mundur. Lalu rendam tangan di baskom berisi air hangat yang sudah diberi sabun dan 1-2 sendok teh perasan lemon selama sekitar 15 menit. Gunakan kapas yang sudah diolesi krim untuk mendorong kulit ari ke arah tepi untuk membuang sisa kulit yang sudah mati.

3. Setelah selesai, pijat perlahan-lahan kuku dengan krim kemudian rendam kembali di dalam air hangat yang sudah diberi sabun selama beberapa menit. Lalu sikat, agar kuku bersih dari semua kotoran. Mudah bukan, Mams? (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares