Education

Belajar Matematika untuk Si Balita

By  | 
Si Kecil memiliki bakat hitung menghitung di sekolah, Mams? Bila ya, tak ada salahnya jika Anda memberikan ekstra kurikuler agar kemampuannya makin terasah. Berikut tempat kursus pilihan Smart Mama.
Math Monkey 
Tidak seperti kursus matematika kebanyakan di Indonesia, Math Monkey menawarkan hal berbeda. Merek asal Amerika ini menyuguhkan cara belajar matematika cepat namun mengasyikan untuk anak usia 3-12 tahun. Math Monkey merupakan satu-satunya tempat kursus matematika yang menggunakan Vedic Math dalam pembelajarannya, yakni metode matematika tercepat di dunia. Penemunya berasal dari India yaitu Sri Bharati Krisna Tirthaji, namun metode ini juga sudah diuji Professor Kenneth Williams dari Inggris, founder Math Monkey. Dengan metode pengajaran kreatif dan interaktif yaitu menggabungkan Vedic Math dan game based curriculum, sehingga Si Kecil dapat menikmati belajar matematika dengan riang gembira, bahkan bisa menghitung dalam waktu singkat.
Jl. Pluit Samudra No.9
14450 Pluit
Jakarta Utara
Phone: 021 6669 1204
E.nopi
E.nopi mengambil sistem pengajaran yang diterapkan Daekyo Co. Ltd., untuk usia TK (Kindergarten) sampai dengan SMP (Junior High School). Program global pendidikan sistematik yang dipelopori Daekyo Korea merupakan program yang telah diakui eksistensinya di dunia pendidikan. Sistem yang diterapkan E.nopi dalam pelajaran matematika bernama Critical Thinking Math, yaitu menekankan pada cara berpikir dalam menemukan sebuah jawaban. Dengan cara ini, kreativitas dan skill analisis balita dalam memecahkan masalah akan berkembang lewat pencarian dengan cara berbeda. Lewat Critical Thinking Math inilah anak didik E.nopi diharapkan dapat mengembangkan daya pikir kritis dan analitis, membangun skill matematika yang solid, meningkatkan kepercayaan diri dan sikap lebih positif terhadap matematika, memperkuat daya fokus, serta memperbaiki kebiasaan belajar.
Jl. Gatot Subroto Kav.27, Menara Global 17B Suite
12950 Senayan
Jakarta Selatan
Phone: 021 5292 0911
Metode Sakamoto
Anda bisa pilih kursus matematikan ini untuk melatih dasar-dasar matematika, pengembangan pemahaman soal, membentuk logika, analisa, dan kreativitas, dan membantu mengatasi kemalasan berpikir pada Si Balita. Metode Sakamoto lebih berfokus pada pembinaan kemampuan siswa dalam pemahaman soal (be able to understand), bukan sekadar kemampuan menjawab soal (able to answer). Sehingga siswa dibiasakan untuk tidak hanya menekankan pada hasil, tapi pada proses penyelesaian.
Misalnya:
1. Materi yang diberikan sebagian besar merupakan soal cerita.
2. Soal cerita yang diberikan dikemas menjadi soal menarik dan sesuai kehidupan sehari-hari.
3. Soal cerita yang diberikan mempunyai bobot cukup tinggi pada pelajaran matematika di sekolah.
4. Dilengkapi dengan kurikulum matematika sekolah.
Karawaci Office Park Blok H/36
15811 Lippo Karawaci
Tangerang
Phone: 021 5589211
Kumon 
Kumon memiliki metode pengajaran yang dikembangkan pertama oleh seorang guru matematika asal Jepang bernama Toru Kumon. Level awal untuk tiap anak tidak ditentukan berdasarkan tingkatan kelas atau usia, melainkan mulai dari level yang dapat ia kerjakan sendiri dengan mudah tanpa ada kesalahan. Dalam kursus yang biasanya berlangsung seminggu dua kali ini, anak akan diberi lembar kerja yang harus dikerjakan tiap hari di rumah. Dengan demikian, orangtua pun memegang peranan penting dalam mengawasi cara belajar anak di rumah. Tak perlu takut anak akan menemukan soal-soal yang tidak dipahami dalam lembar kerja. Lembar kerjanya sendiri telah didesain sesuai level anak, sehingga ia dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soal-soal tersebut.
Kumon Cipete
Jl. Cipete III No.4D
Jakarta Selatan
(Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares