Interior Design

Inspirasi Ruang Tamu Bergaya Vintage

By  | 
Di tengah dominasi desain rumah bernuansa modern ataupun minimalis, beberapa  orang juga tetap menyukai gaya klasik kuno atau vintage, mungkin termasuk Anda? Kali ini Smart Mama akan berbagai inspirasi untuk area ruang tamu. Mengapa ruang tamu? Karena di sinilah kesan pertama yang akan diterima tamu yang berkunjung ke rumah Anda.
1. Karakteristik desain interior ruang tamu vintage. Pertama, jangan pernah samakan interior bergaya vintage dengan gaya shabby chic. Memang, ada banyak kesamaan antara keduanya. Vintage mengacu kepada item yang diproduksi antara tahun 20-an hingga 60-an dan ditandai dengan penggunaan ornamen kuno. Sementara itu, shabby chic mengacu pada beberapa pola dari salah satu tren vintage. Desain interior ruang tamu vintage juga dipertegas dengan penggunaan bahan kain dengan pola retro, seperti motif floral. Gaya vintage juga tidak selalu identik dengan warna krem, pastel, pink, atau warna bertone lembut lainnya. Bahkan, penggunaan warna kuat dan kombinasi beberapa warna diperlukan untuk mempertegas nuansa vintage.
modern-american-vintage-living-room-550x459
2. Elemen wajib dalam interior ruang tamu vintage. Ada beberapa elemen yang bisa anda gunakan. Antara lain:
–  Furnitur kaya motif adalah ciri khas  interior ruang tamu bergaya vintage. Anda bisa meletakkan sofa panjang dan lebar dengan warna terang, atau sofa dilapisi bahan kain dengan pola menyolok dan berwarna cerah.
-Warna-warna khas vintage antara lain, hijau alpukat, putih, merah, hitam, dan kuning. Anda juga bisa memilih furniture dan elemen dekorasi dengan warna cerah seperti ungu, pink, atau oranye.
-Lantai parket adalah salah satu ciri khas ruangan bergaya vintage. Jika Anda memilih lantai keramik, gunakan pola catur, seperti hitam putih atau warna lainnya.
-Karpet atau rug dengan motif cerah, rug Persia, atau karpet motif hewan.
– Lampu meja bergaya vintage bermodel lampu runcing dan tangkai panjang
-Lukisan monokrom dengan tokoh klasik sebagai objeknya.
Pada gaya ini Anda tidak perlu menggunakan dekorasi berlebihan, Mamas. Penggunaan satu atau dua elemen dekorasi sudah cukup untuk menghasilkan desain interior ruang tamu bergaya vintage sesuai keinginan Anda. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares