Health

Menjaga Kesehatan Kaki Si Kecil

By  | 

Kaki mungil Si Kecil memang kerap luput dari perhatian dan seringkali diremehkan. Padahal kaki merupakan penopang tubuh saat ia berdiri maupun berjalan. Kaki juga dapat menjadi sarana bagi kuman untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Oleh karena itu jaga kesehatan kaki Si Kecil dengan cara ini:

  • Pastikan kakinya selalu bersih. Setelah dapat berjalan, Si Kecil akan mencoba mengeksplor segala area di rumah Anda dengan kaki telanjang. Hal tersebut tentu menimbulkan kotoran pada kakinya. Maka dari itu Anda harus rajin mencuci kaki Si Kecil kemudian mengeringkannya dengan sempurna. Sebab kotoran dan kuman akan segera menempel pada kaki yang basah.
  • Rajin potong kuku. Yang satu ini juga mutlak dilakukan Mams. Sebelum memotong kuku kakinya, ada baiknya direndam dengan air hangat guna mengangkat kotoran dan membuat kuku lebih lembut sehingga mudah dipotong atau digunting.
  • Pilih sepatu nyaman. Tak hanya bentuknya yang stylish, sepatu Si Kecil juga harus nyaman ya Mams. Pastikan terbuat dari bahan lembut dan ukurannya pas. Jika Si Kecil kerap ingin membuka sepatunya, kemungkinan sepatu tersebut tak nyaman Mams.
  • Hindari cidera kaki pada anak. Caranya dengan selalu menggunakan alas kaki jika ia beraktivitas di luar rumah, menggunakan kaus kaki saat ia memakai sneakers, serta menggunakan proteksi kaki saat ia berolahraga misalnya bermain bola atau bersepeda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares