Health

6 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

By  | 

“Saat hamil, kamu harus makan buah secara teratur.” Kata-kata ini tentu akan sering Anda dengar dari lingkungan sekitar, terutama mama mertua, ibu Anda, atau juga para saudari ipar. Hal ini memang sangat wajar kok, Mams, sebagai bentuk perhatian mereka terhadap Si Janin yang merupakan cucu atau keponakan mereka. Nah, dari sekian banyak buah yang ada, buah seperti apakah yang dianjurkan untuk wanita hamil? Ada yang boleh, dan ada yang untuk sementara sebaiknya dihindari seperti durian. Lalu bagaimana dengan semangka? Buah berwarna kuning atau merah satu ini ternyata merupakan sumber vitamin A, C, B6, magnesium, serat, dan potasium. Semua nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh para calon mama. Nah, berikut ini adalah alasan mengapa ibu hamil dianjurkan makan semangka sepanjang kehamilan.

1. Meredakan heartburn. Masalah wanita hamil satu ini bisa diatasi dengan mengonsumsi semangka lho, Mams to be. Ini karena semangka bisa menyejukan perut dan saluran pencernaan lain.

2. Mengurangi pembengkakan. Edema atau pembengkakan ringan pada tangan dan kaki saat hamil merupakan hal yang wajar terjadi. Namun hal ini bisa dibantu diminimalisasi dengan konsumsi semangka yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Air tersebut bisa mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan juga otot sehingga membantu mencegah terjadinya edema.

3. Meringankan morning sickness. Konsumsi semangka di pagi hari akan memberi kesegaran juga mampu membuat tubuh terasa ‘sejuk’. Inilah yang akhirnya mencegah Anda untuk mual di pagi hari. Oleh karena itu, Anda disarankan mengonsumsi segelas jus semangka segar sebagai menu sarapan bergizi.

4. Mencegah dehidrasi. Setiap wanita hamil memang disarankan untuk minum minimal 2-2,5 liter air per hari untuk mencegah dehidrasi. Pasalnya dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi dini yang dapat memicu kelahiran prematur. Nah, dengan mengonsumsi semangka yang memiliki kadar air sebanyak 90 %, maka akan membantu Anda untuk selalu terhidrasi.

5. Meringankan kram otot. Selama kehamilan, tubuh Anda memang akan mengalami berbagai perubahan. Kenaikan berat badan ditambah perubahan hormon akan memberi pengaruh pada otot dan tulang untuk merasa ‘sakit’. Ternyata semangka dapat meringankan masalah satu ini, Mams to be. Cobalah makan buah berkulit hijau ini dan perlahan-lahan, kram di otot Anda akan berkurang.

6. Mencegah pigmentasi kulit. Salah satu masalah yang kerap ‘mengintai’ calon mama adalah berubahnya ‘penampakan’ kulit. Kulit Anda mungkin akan menghitam sehingga bisa mengurangi kecantikan Anda. Solusinya bisa didapatkan dari semangka lho. Ini karena semangka membantu mempermudah proses ‘pembuangan’ atau masalah pencernaan Anda. Hal ini ternyata berpengaruh pada ‘kemulusan’ kulit Anda. So, bersiapkah tampil glowing, Mamas to be.

Yang Perlu Anda Perhatikan

Walaupun semangka bermanfaat untuk ibu hamil, Anda tetap saja harus membatasi asupannya ya. Ini karena:

1. Berkadar glukosa tinggi. Rasa manis semangka menandakan bahwa buah ini memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Nah, jika Anda terlalu banyak mengasup glukosa maka Anda berisiko alami diabetes gestasional lho.

2. Bisa menaikkan asam lambung. Semangka yang sudah dipotong lalu tidak disimpan dalam lemari es bisa menyebabkan perubahan rasa, yang semula manis menjadi masam. Bila dikonsumsi, maka akan menyebabkan Anda mual lalu muntah. Jadi, pastikan selalu mengonsumsi buah semangka potong segar ya! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares