Style

Q&A : Mengapa Si Kecil Hobi Memilih Baju Sendiri ?

By  | 

Q : Saya memiliki anak perempuan berusia empat tahun dan ia lagi senang-senangnya memilih baju sendiri di lemari. Apa yang harus saya lakukan?
Keira, 32 tahun, mama dari Laura, 4 tahun

A : Memang ada masanya Si Kecil sudah mulai memilih baju pilihannya sendiri. Ands tak perlu khawatir karena ini justru memiliki manfaat untuknya, antara lain :

1. Berani berekspresi. Dengan anak memilih sendiri model serta warna pakaian yang akan dipakai maka ini mendorongnya untuk berani mengekspresikan diri. Biasanya anak yang memilih baju sendiri dan menentukan pilihan punya rasa percaya diri tinggi.

2. Si Kecil belajar bernegosiasi. Saat diperbolehkan memilih sendiri pakaian yang diinginkan, Si Kecil belajar bernegosiasi. Coba tanyakan alasan kenapa ia menolak baju pilihan Anda. Jika alasannya masuk akal, biarkan saja ia memakai baju pilihannya, Mamas. Kemampuan bernegosiasi harus bisa diasah sejak dini agar anak berani mengeluarkan pendapat sendiri.

3. Lebih mandiri. Ini adalah salah satu cara melatih Si Kecil agar lebih mandiri. Karena ia tidak perlu lagi meminta Anda memilihkan baju. Bahkan saat ia belajar memadupadankan model dan warna, disinilah Si Kecil terlatih kemandiriannya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares