Mind

Bagaimana Bayi Mengubah Kehidupan Anda?

By  | 

Sejak masa kehamilan saja kehidupan Anda sudah banyak berubah ya Mams. Apalagi saat Si Kecil telah hadir di tengah kehidupan Anda. Tentu saja banyak hal yang berubah dari berbagai segi, baik fisik, gaya hidup, maupun sudut pandang. Semua itu Anda lakukan semata-mata karena cinta dan kasih sayang Anda terhadap Si Kecil. Berdasarkan pengamatan Smart Mama, berikut hal-hal yang berubah ketika Si Bayi hadir dalam kehidupan Anda.

1. Jam tidur. Jika dulu Anda tidur di malam hari dan bangun di pagi hari saat akan berangkat kerja, kini Anda tidak membutuhkan alarm lagi Mams. Pasalnya secara berkala tentu saja Si Bayi akan membangunkan Anda saat ia haus atau popok yang digunakannya basah. Manfaatkan waktu tidur Si Kecil untuk beristirahat juga ya Mams.
2. Me time. Yang satu ini juga akan sulit dilakukan karena kini seluruh waktu Anda akan tersita untuk Si Kecil. Untuk sementara waktu sepertinya Anda akan jarang ke salon atau spa. Namun siasati dengan memanggil terapis agar Anda dapat melakukan perawatan di rumah saja.
3. Ingin cepat pulang. Jika dulu Anda menikmati obrolan after office hour dengan teman kerja, kini saat waktu pulang tiba, Anda akan segera pamit dan nyaris berlari untuk pulang dan menemui makhluk kecil yang sudah seharian ini Anda rindukan.
4. Prioritas berubah. Wanita memang tidak bisa jauh dari kata belanja. Namun kini kantong belanja Anda akan dipenuhi barang-barang Si Kecil. Padahal dulu isinya baju serta kosmetik Anda, bukan?
5. Lebih bersyukur. Memandang wajah Si Kecil dan melihat perkembangannya dari waktu ke waktu membuat Anda lebih mensyukuri hidup. Jika dulu tidak pernah puas dengan pencapaian hidup, kini Anda akan lebih bersyukur karena memiliki anugerah yang terindah yakni Si Kecil.
6. Lebih menghargai ibu Anda. Dulu bisa jadi Anda sering menggerutu dan kesal dengan ibu Anda yang mungkin kerap mengatur juga dianggap cerewet. Memiliki seorang bayi akan membuat Anda menyadari bagaiman sulitnya ibu merawat dan membesarkan Anda dulu. Tidak mudah lho Mams, banyak smart mama yang mengakui, sejak memiliki bayi ia jauh lebih menghormati dan menghargai Sang Mama.
7. Anda menjadi lebih sabar, bertanggung jawab, dan berempati. Harus diakui mengurus seorang anak sama sekali tidak mudah. Anda seringkali kebingungan dengan perilaku Si Bayi sehingga harus menebak apa yang ia inginkan. Belum lagi jam istirahat terganggu, di sinilah kesabaran diuji dan lama-lama Anda akan terlatih menjadi orang yang lebih sabar. Memiliki bayi yang sangat rapuh juga membuat Anda merasa bertanggung jawab atas kehidupan Si Bayi. Anda juga akan lebih berempati pada lingkungan sekitar apalagi yang berhubungan dengan anak-anak.

Smart Mama Story:
Tiga new mamas ini akan berbagi pengalaman dan cerita tentang perubahan hidup mereka setelah memiliki Si Kecil. Lucu, mengharukan, dan insipiratif!

image2 (2)

“Wah, berubah 360 derajat! Either in stress or good way. Daily life jadi agak repot ya, kalau dulu mau jalan-jalan hanya bawa satu tas untuk diri sendiri. Sekarang bawa tas sampai tiga, satu tas saya dan dua lagi keperluan Si Kecil. Belum lagi isinya, popok, botol susu, termos, baju, ramai deh pokoknya. Tapi seru menyaksikan tingkah laku Sabai yang lucu. Dan yang pasti saya menjadi lebih dewasa, bertanggung jawab, dan lebih care terhadap sesama sejak memiliki Sabai.”
Arisya Mecca, 28 tahun mama dari Sabai 9 bulan

“Tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa bayi yang mungil bisa menjadi guru yang hebat. Setiap hari, setiap detik saya habiskan dengannya, tanpa asisten. Ia mengajari saya banyak hal, tentang ketertiban dan kreativitas seorang ibu, tentang keikhlasan dan tanggung jawab seorang manusia. Ia juga membentuk saya menjadi sosok yang lebih sabar.  Tak cuma itu, ia juga penguat saya di kala letih. Menyaksikan langsung perkembangannya dari hari ke hari adalah kebahagiaan tak ternilai.”
Poppy Septiani Putri, 27 tahun mama dari Jagad Aldrich Astrotamma, 7,5 bulan

image1 (10)

“Sejak dulu hobi saya memang hang out bersama teman dan party. Kebiasaan tersebut masih saya lakukan hingga menikah, saya dan suami kerap ke klub atau party beramai-ramai. Sejak hamil dan kemudian putri kami lahir, I’m going to bed at 9 o’clock on Friday night! And goes to party in my dream haha.. Tapi saya sangat menikmati setiap detik menjadi seorang mama.”
Wiwit Sebrina, 31 tahun, mama dari Lentera Aniela Cielo, 2 minggu. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com, Dok. Smart Mama)

Shares