Finance

5 Tanda Anda Memiliki Masalah Keuangan (Plus Solusinya)

By  | 

Mendengar kata masalah pasti membuat Anda kesal, bingung, marah, hingga khawatir. Demikian juga terhadap masalah keuangan. Seperti apa tanda bahwa finansial Anda di ‘ujung’ bahaya? Berikut beberapa tanda yang akan Smart Mama beritahu. Tapi jangan khawatir ya, Mams, karena selalu ada solusi dari setiap masalah kok.

1. Anda tak tahu berapa banyak uang yang Anda miliki di bank

Ciri: Anda menggunakan kartu debit dengan bebas tanpa memperhitungkan sisa yang ada dalam rekening bank Anda.
Masalah: Potensi Anda untuk hidup boros dengan cara ini tentu saja besar!
Solusi: Halo, Mamas, bangunlah! Ubahlah kebiasaan buruk ini dan cobalah cek rekening Anda seminggu sekali secara rutin. Kalau perlu, datangi teller dan print buku tabungan untuk mengetahui ke mana saja uang yang Anda keluarkan. Jika tak mau repot, buatlah internet banking yang memudahkan Anda untuk mengecek saldo melalui smart phone Anda.

2. Anda menggunakan kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan primer

Ciri: Ketika berbelanja bulanan di supermarket atau membeli bensin puluhan liter, Anda memilih menggunakan kartu kredit karena khawatir saldo kartu debit Anda tidak mencukupi untuk membayarnya.
Masalah: Anda hidup dari ‘gali lubang’ lalu ‘tutup lubang’.
Solusi: Review pengeluaran Anda setiap bulan ya, Mams. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Bila memang dirasa ada pengeluaran yang over budget, Anda bisa langsung menelaah kembali sehingga bisa mengontrol semua pengeluaran.

3. Anda tak mau membuka email atau surat berisi tagihan kartu kredit

Ciri: Beragam surat tagihan dari beberapa bank penerbit menumpuk di sudut meja kerja atau lemari di ruang tamu Anda. Anda seolah ‘alergi’ dengan kertas-kertas tersebut.
Masalah: Anda terlibat kredit macet.
Solusi: Anda mungkin bisa bersembunyi dari para debt collector dengan mengganti nomor ponsel atau tidak menjawab panggilan mereka. Tapi sampai kapan situasi ini terus akan menghantui Anda? Cobalah untuk lebih berani mendatangi bank dan berdiskusilah untuk pembayaran utang piutang Anda tersebut.

4. Anda berani meminjam uang pada kerabat dan teman
Ciri: Anda tidak malu meminjam uang kepada kerabat ataupun teman dekat Anda, berapapun jumlahnya.
Masalah: Jika Anda tidak mengerem keinginan membeli sesuatu sementara Anda tidak punya duit, lalu memutuskan meminjam pada orang lain, maka Anda berpotensi mengalami masalah keuangan berat.
Solusi: Daripada Anda menumpuk utang, lebih baik minta bantuan kerabat atau teman untuk membantu mengelola keuangan Anda ya.

5. Anda tak keberatan ketika batas maksimum kartu kredit Anda ditambah

Ciri : Ketika bank penerbit kartu kredit menawarkan tambahan limit untuk kartu Anda, Anda justru dengan senang hati menerima karena memang berencana untuk berutang lebih banyak lagi.
Masalah : Saat limit kartu kredit semakin tinggi, Anda akan semakin tergoda membeli barang-barang yang sebetulnya mungkin belum Anda perlukan.
Solusi : Langsung tutup kartu kredit tersebut dan pakai satu kartu kredit yang hanya untuk keperluan mendesak saja. Berani berkata ‘Tidak’ pada diri sendiri apabila muncul godaan diskon atau sale yang kerap ramai di berbagai departemen store. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares