Relationship

Smart Mama Story : Trik Mencuri Perhatian Mertua

By  | 

Kebanyakan para menantu seringkali dihantui kehadiran ibu mertua yang terlalu banyak mengatur dan mengontrol kehidupan rumah tangga. Tapi Mams, ternyata ada lho, triknya agar Anda jadi menantu kesayangan. Ingin tahu? Berikut, trik para Smart Mama!

“Ibu mertua saya paling senang diajak jalan-jalan ke mal. Jadi setiap akhir pekan, saya dan anak-anak sering mengajaknya makan malam di mal. Setalah acara makan biasanya ia saya ajak berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermaket. Dengan begitu hubungan kami lebih dekat, dan mertua pun lebih perhatian ke saya dan anak-anak.”

Teresa, 30 tahun, mama dari Marta, 3 tahun

 
“Saya memang hobi menyenangkan orang termasuk mertua (yang kata sebagian orang menyebalkan). Kebetulan saya masih tinggal satu rumah dengan beliau. Untuk mencuri perhatiannya, saya biasanya selalu bangun lebih pagi dan langsung beres-beres rumah. Tak hanya itu, saya juga membuat sarapan untuk Si Kecil dan seluruh keluarga. Dengan begitu hubungan saya dan ibu mertua tidak pernah bersinggungan.”
Vania, 31 tahun, mama dari Marlo, 5 tahun
 
Dari awal saya menikah, saya tahu mertua saya memiliki sifat kurang menyenangkan, salah satunya cerewet dalam hal apapun. Jelas saja hal ini menganggu. Tetapi untungnya saya pantang menyerah. Untuk mensiasatinya saya selalu mendengarkan apa yang ia mau tanpa harus membantah. Biasanya jika saya sudah mengiyakan, ibu mertua tidak pernah panjang lebar mengomentari sesuatu.”
Tya, 29 tahun, mama dari Asya, 2 tahun
 
 
Berikut, adalah trik lainnya yang bisa Anda lakukan ya, Mams.

1. Ikut menjaga kesehatan mertua. Mertua sudah menjadi bagian dari kehidupan berkeluarga. Anggaplah mereka sebagai orang tua Anda sendiri, dan perhatikan selalu kesehatan fisik dan psikisnya.
2. Bantu dalam mengerjakan sesuatu. Bila Anda tahu ia sedang memasak atau mengurus rumah, cepat tanggap dan bantu mertua Anda. Sesabar apapun mertua, mereka akan mengetahui karakter Anda dengan melihat respons Anda saat ia melakukan sesuatu.
3. Jangan berdebat dengan suami di hadapan mereka. Meski mertua seringkali bisa mengendus masalah dalam rumah tangga anaknya, ada beberapa hal yang cukup disimpan menjadi ‘urusan dapur’ Anda berdua. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares